|
Menu Close Menu

Hujan Deras Sungai Cimanuk Meluap, 3 Desa di Indramayu Banjir

Kamis, 05 Maret 2020 | 19.24 WIB

inijabar.com, Indramayu-Akibat curah hujan yang begitu tinggi sehingga mengakibatkan banjir di beberapa desa bantaran sungai Cimanuk Indramayu, diantaranya Desa Dukuh, Desa Pekandangan Jaya, dan Desa Plumbon, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Kamis (5/3/2020).

Dari beberapa titik banjir akibat luapan sungai Cimanuk sudah memasuki rumah dan merendam beberapa jalan akses yang biasa dilalui warga.

Kuwu Desa Dukuh Asmanto (54) menyatakan, banjir yang melanda desa nya sudah menjadi langganan setiap musim penghujan.

Diawal tahun, dirinya memaparkan, selain faktor luapan cimanuk ditambah bangunan pabrik krupuk yang berdiri di bantaran menjadi penyebab juga masuknya air kepemukiman warga karena air yang mengalir terbendung bangunan.

"Selain karena curah hujan juga yang begitu tinggi dan luapan sungai cimanuk ditambah bangunan bangunan yang berdiri ditengah itu menjadi faktor juga, kalau masih seperti ini tidak segera dibereskan itu rasanya sampai kapanpun keadaannya akan terus terjadi,"ucap Asmanto.

Ia menambahkan sebelum ada bangunan bangunan yang tidak pada peruntukanya seperti sekarang, desa plumbon,dukuh pekandangan jaya dulunya tidak seperti saat ini.

Sementara Satpolair, Rohmani mengatakan, yang terdampak ada beberapa desa, dari direktorat dan satpolairud polres Indramayu siaga menyebar kebebrapa titik guna membantu masyarakat mengevakuasi korban yang terkena bencana banjir.

"Kita anggota dibagi dua dari direktorat dan Satpolair Polres Indramayu, ada dari dalmas tentara kodim dan korem, Tagana semua turun, laporan dari kita volume air mulai naik sejak tadi malem dan untuk limpasnya sih pagi ini kita apel siaga dan langsung ke sini banjir ini bukan karena tanggul jebol tapi karena debit air dan saya lihat juga tersendat karena bangunan bangunan maka air nya limpas," tandasnya.(Sai)
Bagikan:

Komentar