Diresmikan Bupati Cirebon, Jalan Baru Watubelah- Pejambon Diberi Nama Jl. Ki Bagus Rangin

Redaktur author photo





inijabar.com, Kabupaten Cirebon - Bupati Cirebon, H. Imron meresmikan Jl. Ki Bagus Rangin di Kecamatan Sumber. Ruas jalan baru yang menghubungkan Watubelah–Pejambon sepanjang 740 meter tersebut diberi nama Jl. Ki Bagus Rangin. Jumat (1/4/2022).


Imron menjelaskan, pemberian nama Jl. Ki Bagus Rangin ini sebelumnya ada tiga usulan nama jalan yakni, Jl Pangeran Wangsakerta, Jl Pangeran Arya Carbon dan Jl Ki Bagus Rangin.


Dari ketiga nama tersebut, kata Imron, akhirnya Pemkab Cirebon memilih nama Jl. Ki Bagus Rangin jalan baru penghubung Watubelah–Pejambon yang dibangun menggunakan APBD 2021.


Sementara itu, Kepala Dinas PUPR, Iwan Rizki mengatakan, untuk skala prioritas peningkatan jalan pihaknya hanya mampu mengerjakan sekitar 60 km jalan dan 14 jembatan.


Sedangkan kondisi jalan di kabupaten yang masuk dalam kategori mantap, ada sekitar 83 persen dari total panjang jalan 1.000 kilometer lebih. Sedangkan jalan yang masuk dalam kondisi rusak ada sekitar 17 persen. Sedangkan anggaran untuk peningkatan jalan, hampir Rp129 milliar.


"Kita tetap melakukan skala prioritas, baik peningkatan jalan dan jembatan atau pada bidang sumber daya air. Kami harus menghitung dengan anggaran yang kami terima dan tidak mungkin memperbaiki semuanya, karena anggaran terbatas," tukasnya. 


Sementara, nama jalan yang diberikan bupati pada ruas jalan Watubelah-Pejambon adalah jalan Ki Bagus Rangin. Nama tersebut diambil sebagai bentuk penghargaan pahlawan Cirebon dan pahlawan nasional, yang memimpin perlawanan pada penjajahan kolonial Belanda pada tahun 1802-1818. Perlawanan tersebut, dikenal dengan istilah "Perang "Kedongdong. (Fii)

Share:
Komentar

Berita Terkini