Bekasi dan Depok Jadi Wilayah di Jabar dengan Biaya Hidup Termahal inijabar.com
|
Menu Close Menu

Bekasi dan Depok Jadi Wilayah di Jabar dengan Biaya Hidup Termahal

Rabu, 04 Mei 2022 | 09.52 WIB




inijabar.com, Kota Bekasi- Besarnya biaya hidup di sebuah kota dipengaruhi oleh beberapa faktor. Umumnya, semakin ramai sebuah kota, harga kebutuhan pun kian tinggi. 


Jadi jika masyarakat hendak membawa teman atau kerabat untuk mencari peruntungan di kota-kota besar, harus dipahami dulu sejumlah tantangan utama. Salah satunya mahalnya biaya hidup.


Meski masih di bawah Jakarta sebagai kota dengan biaya hidup termahal. Menurut hasil survei biaya hidup (SBH) tahun 2018, yang total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta adalah Rp4.446.770. Bekasi dan Depok merupakan dua wilayah di Jawa Barat yang biaya hidup termahal.


Bekasi  memang bukan ibu kota provinsi di Jawa Barat, namun wilayah ini  dipenuhi sejumlah kawasan industri besar, Bekasi menjadi magnet sebagian warga di daerah untuk mencari peruntungan. Bekasi juga memiliki upah minimum kota terbesar di Jawa Barat dengan nilai Rp4,8 juta.


Meski punya UMK tinggi, Bekasi juga merupakan kota dengan biaya hidup termahal. Total rata-rata pengeluaran per kapita di Bekasi adalah sebesar Rp4.119.168. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp16.888.582. 4.


Selain Bekasi, kota Depok menjadi wilayah dengan biaya hidup termahal kedua di Jawa Barat. Depok memang tak punya kawasan industri, namun banyak perusahaan asing yang beroperasi di Depok, terutama di kawasan Jl Raya Jakarta Bogor. 


Nurmahmudi Ismail, Wali Kota Depok periode 2006-2016, pernah menyatakan perputaran uang di kawasan ini di 2013 mencapai Rp4 triliun per tahun.


Selain itu Depok juga menjadi salah satu primadona hunian buat warga Jakarta yang ingin menggeser letak hidupnya.


Industri properti di Depok salah satu yang berkembang dengan pesat sebab harga properti di sini terus mengalami kenaikan. Total rata-rata pengeluaran per kapita di Depok sendiri sebesar Rp3.424.560. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp13.355.784.(*)

Bagikan:

Komentar