Pemkab Bekerjasama dengan Kejari Ciamis Launching BUMDes Award TA 2022

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis-  Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melaunching Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Awards tingkat Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2022 bertempat di Islamic Center Ciamis, Senin (23/05/2022). 


Acara tersebut dilaksanakan atas kerjasama antara Pemkab Ciamis dan Kejaksaan Negeri Ciamis untuk menumbuhkan motivasi dan kinerja BUM Desa di seluruh Kabupaten Ciamis. 


Mengawali sambutannya, Bupati Ciamis menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi - tingginya kepada Kajari Ciamis yang telah menggagas acara launching BUM Desa Awards tersebut. 


"Saya bersama Kajari pernah berbincang bersama, dan gagasan beliau tentang BUM Desa Awards ini nyambung dan sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Ciamis," Ucapnya. 


Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Ciamis dianugerahi sumber daya alam yang luar biasa, sehingga potensi tersebut seharusnya dapat dioptimalkan dan dimanfaatkan oleh Desa. 


"Kita menyadari sepenuhnya Ciamis ini dianugerahi alam yang luar biasa, kalau betul- betul kita dapat memanfaatkan dan menggali potensi ini tentu akan menumbuhkan perekonomian Desa ," jelasnya.


"Kami siap mensupport agar desa-desa ini betul-betul maju dan  sejahtera," Imbuhnya. 


Menurutnya, hanya SDA yang tidak terpengaruh oleh adanya pandemi, baik itu pertanian, perikanan maupun peternakan, sehingga menjadi peluang tumbuhnya perekonomian Desa jika mampu dikelola dengan baik. 


"Hasil tani Ciamis sangat melimpah, baik sayuran, kopi dan bahkan pengsuplai daging ayam terbesar di Jawa Barat, namun kita belum mampu mengelola secara terintegrasi," Terangnya. 


Selanjutnya Bupati Herdiat menuturkan, maju dan tidaknya BUM Desa tergantung kepada kemampuan Kepala Desa nya selaku Owner. 


"Bagaimanapun BUMDes ini ownernya Kepala Desa, jadi maju dan tidaknya bagaimana keberpihakan Kades, " Katanya. 


*Bupati Ciamis Launching Buku Membangun Perekonomian Daerah pada Masa Pandemi melalui Optimalisasi Peran Badan Usaha Milik Desa (BUM desa)*


Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Ciamis berkesempatan melaunching buku karangannya bersama Dr. H. Kurniawan dengan judul "Membangun Perekonomian Daerah pada Masa Pandemi melalui Optimalisasi Peran Badan Usaha Milik Desa (BUM desa)".


"Berawal dari saat kondisi pandemi Covid 19, maka tersusunlah buku ini berdasarkan teori-teori dan pengalaman pribadi, Ucapnya. 


Beliau berharap dengan dilaunchingnya buku tersebut dapat bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan bagi para pembacanya. 


"Semoga buku ini dapat bermanfaat tidak hanya bagi masyarakat di Kabupaten Ciamis tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya,"ucapnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini