Bupati Ciamis; Sembelih Hewan Kurban Sebuah Wasilah Mencapai Derajat Ketakwaan pada Allah SWT

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wabup Ciamis Yana D Putra, Sekda Ciamis Tatang, unsur Forkopimda beserta jajaran pejabat Pemkab Ciamis turut mengikuti salat Idul Adha di Masjid Agung Ciamis lada Minggu (10/7/2022)


Bertindak sebagai Imam Salat Idul Adha 1443 Hijriyah tahun 2022 ini dipimpin oleh Ustadz Abdurrahman, sedangkan Khotib adalah KH. Aip  Maftuh.


Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat menyampaikan, ibadah qurban merupakan wasilah cara atau jalan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT. 


"Keberanian mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan yang lebih besar hendaklah dapat kita petik sebagai hikmah dalam Hari Raya Qurban ini sekaligus wasilah bagi kita untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT," ucap Herdiat. 


Dia menerangkan Hari Raya Idul Adha berakar dari sejarah Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS yang memiliki tingkat ketakwaan dan ketaatan yang tinggi dalam memenuhi perintah Allah SWT. 


"Sikap pasrah dan ikhlas yang tertanam pada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS untuk berkurban dan berbakti kepada Allah SWT patut menjadi teladan bagi kita semua," ujarnya. 


Ia juga menjelaskan, penyembelihan hewan kurban merupakan tindakan simbolis bagaimana menundukkan dan menguasai serta mengendalikan segala sifat yang buruk yang ada pada diri manusia. 


"Sesungguhnya keselamatan manusia baik sebagai individu maupun warga masyarakat sungguh sangat bergantung pada mampu atau tidaknya manusia menguasai dan mengendalikan hawa nafsu tersebut, " terangnya. 


Bupati Herdiat berharap dengan ibadah qurban tersebut dapat lebih mempertebal keimanan dalam menghadapi ujian dan cobaan dengan penuh kesabaran dan penuh keikhlasan. 


"Semoga perayaan Idul Adha hari ini menjadi anugerah dan penuh keberkahan seraya tetap bertawakal dan bersabar menghadapi segala ujian dan cobaan, " jelasnya. 


"Terakhir atas nama pemerintah daerah pribadi dan keluarga saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah semoga seluruh amaliah kita senantiasa ditempatkan sebagai amal sholeh di hadapan Allah SWT," pungkasnya. 


Setelah pelaksanaan shalat Idul Adha, Bupati Ciamis berkesempatan menyerahkan hewan Qurban kepada Ketua DKM Masjid Agung Ciamis.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini