Soal Laporan Eksploitasi Anak, Disnaker Bilang Tidak Mengurus Siswa PKL

Redaktur author photo


Kepala Hiker di Disnaker Kota Bekasi Elia Rey


inijabar.com, Kota Bekasi- Terkait laporan Huibert Andi Wenas  yang merupakan orang tua dari salah satu siswa di SMK Ananda Bekasi yang melaporkan ke Polres Metro Bekasi dugaan eksploitasi anaknya saat magang di sebuah hotel ternama di Kota Bekasi. Ikut ditanggapi Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi.


Menurut  Kepala Hiker di Disnaker Kota Bekasi Elia Rey, bahwa pihaknya ditugaskan untuk mengecek ke pihak hotel soal adanya laporang  Huibert Andi Wenas.


"Kami ditugaskan ke hotel untuk mengecek atas kejadian tersebut, berdasarkan tupoksi kita datang karena menganggap itu adalah karyawan lalu kita tanya kepada pihak hotel apa benar ada peraturan seperti ini dari berita online,"ucapnya saat ditemui di kantornya. Jumat (22/7/2022).


Dirinya menegaskan, ternyata itu (siswa) bukan karyawan. Sedangkan kewenangan  Dinas Tenagakerja adalah menangani tenaga kerja.


"Jadi Disnaker menangani pembinaan untuk melakukan menyelesaikan perselisihan inti utamanya adalah tenaga kerja,"tegasnya Rey.


Menurut dia, hal tersebut seharusnya kewenangan Dinas Pendidikan karena itu anak sekolah yang sedang PKL (Peraktek Kerja Lapangan).


"Pihak hotel mengklarifikasi ke kami, anak itu masuk jam 08.00 wib pagi, dia datang lebih cepat berarti itu belum masuk jam kerja waktu PKL kemudian pulangnya sambil berberes-beres dan sambil menunggu pulang teman - temannya yang PKL bersamanya,"tuturnya.(firman)



Share:
Komentar

Berita Terkini