Train to School Pelita Intan Muda Ciamis dan Pangandaran Semangat Literasi

Redaktur author photo


inijabar.com, Ciamis-Gelorakan semangat literasi di Tatar Galuh, Pelita Intan Muda Kabupaten Ciamis dan Pangandaran menggelar kegiatan Train to School guna meningkatkan literasi yang dilangsungkan di Aula Disbudpora Kabupaten Ciamis, Senin (18/12/2023). 

Wakil Ketua Pelita Intan Muda Ciamis, Pangandaran Muhammad Rifki Mustofa mengatakan program train to school merupakan gagasan untuk meningkatkan literasi dan pendidikan di Ciamis. 

"Ini gagasan dan upaya untuk meningkatkan literasi jadi melalui train to school ini kita akan bergerak di sekolah-sekolah di Ciamis khusunya di plosok," kata dia. 

Rifki mengungkapkan bahwa Pelita Intan Muda telah melakukan reset ke KCD dan Dinas Pendidikan bahwasanya di tiga lokasi ini yakni di Cidolog, Pamarican, Cimaragas tingkat sekolahnya masih minim. 

"Dikarenakan rendah di Cidolog itu cuma ada satu sekolahnya itu pun sekolah SMA swasta. Oleh karena itu kami berinisiatif mengadakan train to school," ungkapnya. 

Menurutnya, literasi bukan hanya tentang membaca tetapi juga meliputi permasalahan yang ada di sekolah seperti contoh murid sekolah bermasalah kedapatan bermain judi online, tidak disiplin kami mengembangkan literasi digital dan karakter. 

"Pelaksanaan program train to school itu akan dilaksanakan besok selasa di SMK Maarif NU Cidolog kemudian dilanjut di SMA Negeri 1 Pamarican," jelasnya. 

Selain menggelorakan semangat litrasi Pelita Intan Muda juga akan memotivasi para siswa agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. 

"Setelah melakukan observasi kami mendapati bahwa di tiga wilayah itu motivasi untuk menlanjutkan kuliahnya rendah. Oleh karena itu kami juga akan memotivasi mereka," pungkasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini