Soal Pencemaran Kali Cileungsi, S3 Sampaikan Laporan Ke Komisi VII DPR RI

Redaktur author photo

INIJABAR.COM, Kabupaten Bogor-Keseriusan Srikandi Sayang Sungai (S3), dalam menangani pencemaran di Kali Cileungsi terus digaungkan. Berbagai gebrakan pun dilakukan untuk terus menyuarakan soal pencemaran tidak sampai sebatas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

Tidak tanggung-tanggung, Septiana langsung menyerahkan berkas laporan  warga Bojongkulur ke Komisi 7 DPR RI. Hal itu ia lakukan untuk membawa persoalan Kali Cileungsi agar menjadi perhatian serius pemerintah pusat.

"Kami ingin, masalah pencemaran di Kali Cileungsi, terus menjadi perhatian nasional. Untuk itu melalui komisi 7 DPR RI berkas pencemaran sudah diserahkan langsung kepada Gus Irawan dari Fraksi Gerindra,"tegas Septi.

Dikatakan, berbagai upaya yang telah dilaksanakan Srikandi Sayang Sungai itu adalah bentuk dari kepedulian terhadap warga yang berada dj bantaran sungai yang terkena dampak langsung oleh aktifitas pemhuangan limbah pabrik.

Menurutnya pencemaran yang terus terjadi di kali Cileungsi dampaknya cukup luar biasa. Tidak hanya kepada warga sekitar tetapi ekosistem di dalam sungai juga terganggu.

"Ada laporan dari RT sekitar Bojongkulur, mengaku jika dampak yang mereka rasakan karena pencemaran, speerti biawak, buaya dan ular, sudah ada yang keluar dan memasuki pemukiman. Ini dampak nyata akibat rusaknya ekosistem air,"jelas Septi.

Lebih lanjut ia mengatakan, komunitas S3, sampai saat ini, masih menunggu hasil pertemuan dengan  DLH Kabupaten Bogor yang telah berjanji untuk segera melaporkan hasil investogasi yang telah mereka lakukan.

"Persoalan Kali Cileungsi ini sebenarnya  sudah menjadi perhatian Kementerian melalui pimpinan DPR Fadli Zon, dan Ketua  Komisi 7  pak Gus Irawan, dan pak Ramson Siahaan yang telah mendorong kementerian Lingkungan Hidup lebih cepat, tanggap dan tegas menindak lanjuti masalah ini saat rapat dilaksanakan,"papar dia.

Terakhir, Septi berharap persoalan Kali Cileungsi, dapat menajdi perhayian Pemerintah Procinsi Jawabarat. Untuk ikut dilakukan pembenahan tidak hanya Kali Malang saja yang telah dibuatkan grand design.(Rajo)
Share:
Komentar

Berita Terkini