Tri Adhianto Tanam 200 Pohon di Polder Air Aren Jaya

Redaktur author photo
Penanaman 200 pohon Dukun di sekitar Polder Air Aren Jaya.

INIJABAR.COM, Kota Bekasi- Sebanyak 200 bibit pohon Sukun di tanam di Polder Air Aren Jaya Kecamatan Bekasi Timur, Sabtu, (8/12/2018).

Penanaman pohon tersebut dilakukan serentak disekitar Polder air Aren Jaya, dengan dibunyikan sirine oleh Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto bersama unsur Muspika Bekasi Timur dan Camat Bekasi Timur.

Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, penanaman pohon Sukun menjadi program pelestarian lingkungan Pemkot Bekasi dengan mengajak partisipasi masyarakat.

"Hingga kini sudah ada 600 bibit pohon Sukun ditanam di wilayah Kota Bekasi dan terakhir penanaman dilakukan di sepanjang kali Baru, Pangeran Jayakarta."paparnya.

Memasuki Minggu ke tiga, sambung Tri, dan hari ini  terus bergerak menghijaukan kota Bekasi yang kemarin sempat dibully karena di bilang Kota Bekasi panas.

"Sekarang 200 bibit sehingga sudah ada 600 pohon sukun ditanam. Kedepan bisa menyeluruh di 12 Kecamatan," ungkap Tri Adhianto.

Dia menambahkan, bila nanti pohon Sukun tumbuh besar, buahnya bisa diolah menjadi panganan berkarbohidrat sebagai pengganti nasi. Bi

"Sukun berbuah sepanjang tahun dan bisa dinikmati. Seperti lagu yang dinyanyikan aparatur dinas ketahanan pangan, olahan bersumber daya lokal yang bergizi dan seimbang. Lewat olahan buah sukun sebagai pengganti nasi," tambahnya.

Penanaman pohon, kata dia, dilakukan di lokasi yang memungkinkan ditanami seperti di sekitaran Polder air atau waduk.

Disamping berfungsi sebagai pencegah banjir,  Polder air juga bisa menjadi daya tarik wisata baru bagi masyarakat. Kata dia sudah ada yang mengelola seperti di Polder Air Pengasinan di Kecamatan Rawalumbu.

"Bisa mencontoh di Polder air Pengasinan yang dikelola unsur karang taruna. Disitu kerap diadakan lomba memancing tiap minggunya sehingga mendorong ekonomi warga juga. Memungkinkan polder ada  wisata flying fox dan dan wisata perahu," ungkap Tri.

Dijelaskan dia, Pemerintah Kota Bekasi sudah  merancang pembuatan destinasi wisata baru di Situ Rawa Gede. (*)
Share:
Komentar

Berita Terkini