|
<< inijabar.com - berita terkini tetang informasi jawa barat >>
Menu Close Menu

Warga Rt 05 Nilai PT Bridgestone Tire Indonesia Tak Peduli Lingkungan

Sabtu, 22 Desember 2018 | 09.37 WIB
PT.BTI dikeluhkan warga Rt05/01 Harapan Jaya, dinilai tidak peduli pada lingkungan.

INIJABAR.COM, Kota Bekasi-Keberadaan pabrik PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI), yang berlokasi di wilayah Rw 01, kelurahan Harapan Jaya, kecamatan Bekasi Utara dikeluhkan warga sekitar. Pasalnya sudah bertahun-tahun keberadaan pabrik penghasil ban ternama itu tidak peduli dengan lingkungan khususnya lingkungan RT 05 Rw 01.

"Posisi wilayah Kami persis dibelakang pabrik itu, tapi bertahun-tahun belum ada kepedulian pada warga dan lingkungan pabrik. Contohnya warga tidak pernah diberi peluang untuk bekerja di pabrik Itu, termasuk bantuan untuk lingkungan. Aneh, kan mereka punya dana CSR (Corpprate Social Responsibility)."tutur Amsar salah satu warga kampung sawah, RT 05 Rw 01, kelurahan Harapan Jaya. Sabtu (22/12/2018).

Padahal, kata dia, sesuai aturan semua perusahaan wajib mengeluarkan CSR, terutama ke warga sekitar yang terkena dampak akibat aktifitas perusahaan.

Senada dikatakan Sekretaris Rt 05 yang sekaligus ketua IREKAS (Ikatan Remaja Kampung Sawah ) Angga yang  mempertanyakan perhatian produsen ban tersebut kepada warga sekitar. Ironisnya, kata Angga, jarak gudang Karbon TWH-C PT. BTI dengan warga RT 05 hanya dipisahkan dengan tembok  perusahaan.

"PT. BTI memang tidak pernah melibatkan warga RT 05 dalam perekrutan tenaga kerja. Selain itu juga, kondisi TWH- C tempat penyimpanan karbon sangat menggangu buat pernapasan dan bau yang cukup menyengat," ungkapnya.

Bahkan, kata dia, Warga sudah berkirim surat keluhan ke pabrik itu tapi tidak pernah di respon.  (*)
Bagikan:

Komentar