Disdik Cimahi Bakal Bangun 6 SMP Lagi di 6 Kelurahan

Redaktur author photo

inijabar.com, Cimahi- Guna mening­katkan pemerataan dan Ang­ka Partisipasi Murni (APM) pendidikan di Kota Cimahi, khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP),  Dinas Pendidikan berencana membuat enam SMP Negeri baru.  Keenam sekolah tersebut rencananya akan dibangun di enam ke­lurahan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Hendra Gunawan mengaku, hingga saat ini pi­haknya terus berupaya me­ningkatkan aksesibilitas layanan pendidikan dasar di Kota Cimahi.

Hal itu dilakukan agar semua anak usia sekolah bisa melanjutkan pendidikan. Sebab, sejauh ini keberadaan sekolah terutama SMP Ne­geri di Cimahi belum merata.

“Sekarang baru ada 11 SMP Negeri. Dengan akses yang tidak merata maka Pemkot harus melakukan intervensi. Itu dilakukan agar anak se­kolah yang akan melanjutkan ke SMP bisa tetap melanjutkan sekolah, baik di SMP Negeri ataupun swasta,” kata Hendra. Selasa (7/5/2019).

Dia menjelaskan, selain keberadaan sekolah yang belum merata,  adanya sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat pihaknya mau tidak mau harus membuat beber­apa sekolah negeri baru.

“Kita harus membuat seko­lah baru dan itu juga meru­pakan program prioritas wali kota. Sesuai dengan pro­gram prioritas wali kota, 2022 penambahan sekolah sudah selesai,” bebernya.

Hendra menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang mela­kukan pemetaan zonasi dengan melibatkan RT dan RW untuk mengetahui jumlah anak usia sekolah yang akan melanjut­kan ketingkat SMP. Sebab, pihaknya juga berencana membuat rasio siswa perom­bel di SMP sebanyak 36 orang.

“Saat ini daya tampung siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD) memadai. Namun, jum­lah SMP tidak sebanding dengan anak usia sekolah yang akan melanjutkan ke kelas 7,” ujarnya.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini