Dekranasda Jabar Jadikan PKJB Event Tahunan

Redaktur author photo

inijabar.com, Kota Bandung- Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2019 di Jln. Diponegoro, Kota Bandung, resmi ditutup pada Minggu (27/10/2019).

Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhan yang menutup event tersebut mengaku puas, karena suksesnya penyelenggaraan acara itu.

Dekranasda Jabar, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jabar berjanji akan menggelar acara serupa setiap tahunnya.

"Kemarin saat pembukaan, Ibu Atalia Ridwan Kamil (Ketua Dekranasda Provinsi Jabar) bilang PKJB akan dijadikan agenda tahunan saja. Jadi siap-siap, ya, insyaallah tahun depan temanya bordir," ujarnya.

PKJB, kata dia, bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan promosi potensi kerajinan serta membuka akses pasar yang lebih luas bagi kerajinan Jabar.

"Kepada semua yang hadir di sini, yuk kita sama-sama cintai produk lokal kita. Jangan cuma beli saja terus disimpan di lemari, tapi dikenakan, dipamerkan dengan dipakai oleh kita," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, M. Arifin Soedjayana melaporkan, transaksi dalam PKJB 2019 mencapai Rp696,5 juta, baik dari stand kerajinan, fashion, dan kuliner. Jumlah itu belum termasuk kesepakatan dan kerja sama pengunjung dengan para perajin.

"Total jumlah transaksi yang tercatat hingga siang tadi mencapai 696.545.500 rupiah. Nominal itu belum termasuk yang pesanan-pesanan, salah satunya tadi ada pesanan 20 ton mangga gedong gincu, itu belum dihitung," kata Arifin.

Untuk kali pertama, PKJB 2019 menghadirkan Dekranasda Jabar Award atau penghargaan kepada perajin terpilih di semua kabupaten/kota. Penghargaan tersebut meliputi kelompok keramik, serat alam, kayu, tekstil, serta kelompok material alam asli, dan lainnya.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini