Astagfirullah, Tahun 2019 Jabar Jadi Provinsi Paling Banyak Bencana Alam

Redaktur author photo
Salah satu bencana longsor kerap terjadi di wilayah Jabar sepanjang 2019.
inijabar.com, Bandung- Sebanyak 1.486 kejadian bencana di wilayah Jawa Barat mulai awal Januari hingga Oktober 2019 menjadi catatan terbanyak wilayah terdampak bencana.se Indonesia. Dari mulai puting beliung, banjir, longsor dan lainnya.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Suprayitno mengungkapkan, bencana yang dominan terjadi di Jabar adalah hidrometeorologi meliputi banjir, puting beliung dan longsor.

Jumlahnya, pergerakan tanah atau longsor 468 kejadian, kebakaran hutan dan lahan 360, kebakaran rumah 330, dan puting beliung sekira 115.

Suprayitno memaparkan, sejumlah bencana tersebut banyak terjadi di wilayah Bandung Selatan seperti Baleendah, Majalaya dan sekitarnya.

"Daerah-daerah tersebut kerap dilanda Banjir karena memiliki bantaran sungai rendah yang membentang dari Gunung Wayang hingga Muara Gembong sepanjang aliran Sungai Citarum. Ditambah lagi dengan tersendatnya aliran penampang Citarum, itu setengah lebih kena batu. Mudah-mudahan bulan Desember, Curug Jompong Insya Allah berfungsi dan nanti bisa mereduksi minimal 700 luasan yang sering banjir," bebernya, Selasa (19/11/2019).

Dijelaskan dia, peristiwa pergeseran tanah, sering terjadi di 2/3 wilayah Jawa Barat, yakni bagian Selatan dan Tengah. Untuk itu, pihaknya berupaya mengantisipasi dengan terus memberikan edukasi guna membangun kesadaran masyarakat agar saat terjadi bencana tidak banyak memakan korban.

"Kami kan sesuai undang-undang misinya menyelamatkan korban, jangan sampai ada korban, kemudian harta bendanya, infrastrukturnya dan trauma healing," tandasnya.

Pihaknya, kata dia, akan memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) di BPBD Jabar ditambah sebanyak 50 anggota Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana). Selain itu, pendampingan juga diberikan kepada BPBD di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Pada tahun 2019, BPBD Jabar memiliki anggaran sebesar Rp 1,2 miliar untuk kebutuhan logistik, sementara dari pemerintah pusat Rp 4,9 miliar. Rencananya, anggaran penanggulangan bencana di Jawa Barat yang berasal dari APBD Jabar 2020 akan dinaikan menjadi empat kali lipat.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini