Bupati Cirebon Klaim Pandemi Covid 19 Tak Pengaruhi Sektor Pertanian inijabar.com
|
Menu Close Menu

Bupati Cirebon Klaim Pandemi Covid 19 Tak Pengaruhi Sektor Pertanian

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 17.25 WIB

 



inijabar.com, Kabupaten Cirebon-  Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan, pandemi Covid-19 tidak berdampak besar terhadap keberlangsungan sektor pertanian di wilayahnya. Meski begitu, irigasi masih menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan. 


"Kami mohon kepada Pak Wagub, dan Dinas terkait, aliran Jatigede ini minta Kabupaten Cirebon diperbanyak," ucapnya saat mendampingi Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di acara Panen Raya Padi. Sabtu (10/10/2020).


"Kami mohon di wilayah timur dan tengah (Cirebon) minta dibuatkan embung untuk bisa menampung air," imbuhnya. 


Pemerintah Kabupaten Cirebon, kata Imron, berkomitmen untuk menjadikan pertanian sebagai sektor unggulan. Tujuannya agar ketahanan pangan di Jabar, khususnya Cirebon, terjaga. 


Selain itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon intens melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada petani. Hal itu dilakukan agar petani memahami perkembangan teknologi dan informasi di sektor pertanian. 


"Dari segi perdagangan, petani pun harus kreatif. Di Kabupaten Cirebon sekarang anak-anak muda juga sudah mulai mengenalkan produk-produk pertanian di Cirebon," katanya. 


Ketua Panitia Panen Raya Padi Desa Guwa Lor Muslihin mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kang Uu beserta Bupati Cirebon. Ia berharap dengan kehadiran Kang Uu dan Bupati Cirebon, kendala yang kerap menimpa petani, khususnya masalah irigasi, dapat diselesaikan. 


Selain irigasi, Muslihin meminta kepada Kang Uu dan Pemerintah Kabupaten Cirebon memperhatikan Jalan Usaha Tani (JUT). JUT amat krusial karena berkaitan dengan transportasi, dan mobilitas alat serta mesin pertanian. 


"Mudah-mudahan, kendala yang kerap menimpa para petani di wilayah ini dapat teratasi," ucapnya. (Fii)

Bagikan:

Komentar