Ajarkan Demokrasi, Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Cipta Karya Bekasi Mirip Pilpres

Redaktur author photo


Pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Cipta Karya Bekasi saat mengikuti sesi debat kandidat.


inijabar.com, Kota Bekasi- OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) merupakan wadah organisasi yang difasilitasi sekolah, dilaksanakan oleh siswa sesuai tugas pokok yang diatur dalam program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). 


Fungsinya, untuk kepentingan sekolah dalam menjalankan agenda kegiatan nasional maupun kegiatan2 yang bersifat kerohanian, sosial, seni, budaya dan olah raga.


Di SMK Cipta Karya Bekasi, kegiatan regenerasi pengurus OSIS pun selalu menarik perhatian dimana dalam proses pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum OSIS mengedepankan asas demokrasi.


Pemilihan dikemas layaknya pemilihan Capres Cawapres, dimana calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS harus beradu argumen beradu gagasan dalam visi misinya.


Pemilik suara pun satu per satu dipanggil untuk menggunakan hak pilihnya dengan kotak suara dan kertas suara dikemas seperti Pemilu (Pemilihan Umum).


Menurut Pembina OSIS SMK Cipta Karya Bekasi Mimi Suparmi, bahwa konsep pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dibuka juga ruang debat kandidat.


"Tujuan dari debat ini adalah memberikan ruang pada seluruh siswa untuk mendengarkan penyampaian tentang visi dan misi dari masing-masing paslon,"ucapnya. Senin (20/11/2023).


Mimi juga mengatakan, mekanisme penyelenggaraannya secara terbuka langsung umum bebas dan rahasia (LUBER). Jadi, kata dia, tiap siswa mempunyai hak suara untuk memilih.


"Ya benar, pemilihan Ketua OSIS kami kemas seperti Pemilu Presiden 2024. Tujuannya agar siswa/i dapat belajar berdemokrasi, menentukan pilihannya sesuai dengan hati nurani sehingga kelak ketika berada di lingkungan masyarakat sudah dapat mengenal dan mengerti apa itu demokrasi yang dituangkan dalam proses pemilu,"bebernya.


"Penyelenggaraan seperti ini sudah kami langsungkan sejak tahun lalu sehingga siswa dapat menjalani tahapan dalam proses pemilihan OSIS mengacu pada demokrasi terbuka yaitu Langsung Umum Bebas Dan Rahasia (LUBER),"sambung Mimi.


Dirinya berharap siswa/i SMK Karya Cipta Bekasi menjadi generasi yang bertanggung jawab, berjiwa pemimpin, dapat ikut serta berpartisipasi aktif dalam berdemokrasi baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.


"Sehingga mampu menjalankan organisasi baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat terlebih nanti jika sudah dewasa bisa ikut berpartisipasi aktif di lingkungan pemerintah baik di daerah maupun di tingkat pusat,"pungkasnya.(*)


 

Share:
Komentar

Berita Terkini