Arus Balik Nataru, Kepadatan Jalur Pantura Didominasi Kendaraan Roda Dua

Redaktur author photo


inijabar.com, Indramayu- Petugas Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Losarang, Kabupaten Indramayu, Madi, mengungkapkan arus balik libur Natal mulai terlihat di jalur pantai utara (pantura) wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (26/12/2023). 

Ditambahkan dia, jenis kendaraan roda dua lebih mendominasi jalan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

Madi, mengatakan, sejak Senin (25/12/2023) peningkatan volume kendaraan yang melintasi jalur pantura Indramayu mulai terlihat.

“Untuk dari timur ke barat, dari hari kemarin tercatat ada peningkatan sekitar tujuh persen,”ucapnya, Selasa (26/12/2023).

Madi juga memperkirakan arus lalu lintas kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang melewati jalur pantura Indramayu akan terus meningkat hingga malam hari nanti. 

Arus kendaraan juga diprediksi meningkat dari arah sebaliknya. Hal itu diprediksi terjadi mengingat adanya rencana pemberlakuan sistem one way di Tol Cipali pada Selasa ini, mulai dari kilometer (KM) 188 Palimanan hingga KM 72 Gerbang Tol Cikampek Utama.

“Untuk kondisi arus lalu lintas di jalur arteri ini kemungkinan akan terjadi lonjakan karena adanya dampak one way yang akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB di Palimanan hingga gate Cikatama,” kata Madi.

Ihwal arus balik kendaraan momen libur Natal dan tahun baru (Nataru) ini, menurut Madi, diperkirakan akan terjadi lagi selepas pergantian tahun. Hal itu seiring dengan berakhirnya masa libur anak sekolah. 

“Puncak arus balik diperkirakan akan terbagi menjadi dua gelombang, hari ini dan nanti setelah tahun baru,”tandasnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini