Bey Harapkan Kontingen Jabar Bisa Hattrick Juara PON XXI 2024

Redaktur author photo
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin

inijabar.com, Kota Bandung- Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyatakan, target Jabar pada PON XXI adalah juara umum. Dengan begitu hattrick juara umum bisa tercapai karena pada PON XIX/ 2016 di Jabar dan PON XX di Papua Jabar juara umum secara beruntun.

"Jabar ingin meraih hattrick, pada PON 2016 dan PON 2020 berhasil jadi juara umum, jadi saya berharap tahun ini kita menjadi juara umum lagi," ujar Bey Machmudin, saat mengukuhkan 1.295 atlet, 320 pelatih, dan 63 mekanik, untuk mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Jabar selama enam bulan ke depan. 

Bey menjelaskan, selama Pelatda tersebut, 1.295 atlet akan dimatangkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/ 2024 di Aceh dan Sumatera Utara bulan September mendatang.

Pada PON XXI, Jabar menjadi kontingen terbanyak meloloskan atlet yaitu 1.259 atlet, 320 pelatih dan 63 mekanik.

Mereka akan bertanding di 78 cabang olahraga.  PON XXI akan mempertandingkan 1.042 nomor pertandingan dan perlombaan. Ini merupakan nomor pertandingan dan perlombaan terbanyak dalam sejarah PON.

Mengawali Pelatda hari ini, 1.259 atlet, 320 pelatih dan 63 mekanik akan mengikuti pemusatan latihan yang tersebar di beberapa wilayah Jabar. 

Pelatda tersebar di sentra Pajajaran, kampus UPI, Sport Jabar Arcamanik, Stadion si Jalak Harupat.

Kemudian sentra pelatihan di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, DKI Jakarta, Banten, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Depok, Kabupaten Pangandaran, Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, dan Kota Cirebon.

Bey berharap, Pelatda dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para atlet. Bey juga meminta mereka untuk menambah porsi latihan secara mandiri.

"Mohon selama Pelatda ini disiplin latihan, ditambah latihan mandiri juga jangan hanya dari program pelatih saja," pintanya.

Untuk melihat keseriusan atlet selama Pelatda, Bey rencanannya akan meninjau ke beberapa sentra pelatihan secara mendadak.

"Mulai minggu depan saya akan berkeliling melihat Pelatda tapi tidak akan memberitahukan ke cabor mana dan kapannya, saya ingin tahu keseriusan atlet dan pelatih," ujar Bey.

Bey optmisitis, target juara umum pada PON XXI mampu diraih. Keyakinan itu tercermin dari kualitas para atlet ditambah dukungan anggaran yang tak sedikit dari Pemda Provinsi Jabar.

"Jabar telah menaikkan anggaran untuk persiapan PON XXI. Mulai dari akomodasi selama Pelatda enam bulan,  uang saku atlet, pelatih, mekanik, vitamin, peralatan latihan dan pertandingan, hingga bonus bagi peraih medali emas, dan pelatihan di luar negeri,"ungkapnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini