Breaking News

Bau Menyengat Kerap Dirasakan Warga di Bantaran Kali Cileungsi


INIJABAR.COM, Kabupaten Bogor- Warga di bantaran sungai Cileungsi mengharapkan solusi positif terkait pencemaran sungai yang telah terjadi selama tiga bulan terakhir.

Hal itu disampaikan Yetti, warga Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, dalam audiensi, antara warga dan Ketua DPR RI Fadli Zon, dalam sidaknya Sabtu (1/9/2018).

Yetty, berharap ada solusi, tidak hanya sekedar kunjungan seremony, tetapi harus memberi dampak positif bagi perbaikan Sungai Cileungsi. Karena warga di bantaran Sungai Cileungsi cukup terganggu akibat pencemaran yang mengeluarkan bau menyengat.

"Kami mengharapkan hasil kunjungan Ketua DPR RI, ini, bisa membawa perubahan positif. Karena kami yang tinggal dibantaran sungai sudah tiga bulan tersiksa dengan bau menyengat yang dikeluarkan dari pencemaran lingkungan itu,"tegas Yetty yang kuga sebagai Peneliti LIPI ini.

Hal senada juga disampaikan Arafian, warga setempat. Ia mengatakan dampak lain dari pencemaran yang terjadi di Sungai Cileungsi kepada warga di bantaran sungai warga di serang penyakit pernafasan.

"Kami, warga di bantaran sungai, setiap malam harus mencium bau menyengat. Bahkan tidak sedikit yang kena penyakit pernafasan dan pilek. Tetapi itu akan sembuh jika keluar dari wilayah bantaran sungai,"paparnya.

Mereka berharap ada solusi cepat, agar pencemaran Sungai Cielungsi segera teratasi dan airnya kembali jernih tidak menghitam. Pasalnya dampak dari pencemaran itu tidak hanya Kabupaten Bogor yang terkena dampak, tetapi juga Kota Bekasi dengan berhentinya pelayanan PDAM yang memanfaatkan air sungai Cileungsi.(min)

Tidak ada komentar