Breaking News

Buaya Liar Ini Akhirnya Diserahkan Warga Pada BBKSDA Bogor


INIJABAR.COM, Kabupaten Bogor--  Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Kabupaten Bogor, menerima seekor buaya muara dari warga Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Selasa (4/8/2018).

Buaya yang memiliki panjang sekitar 103 cm, ditemukan pertama kali oleh Zakaria, di bantaran sungai, Imtake, water treatment Alam sutra BSD Tangerang.

Zakarian mengaku, penangkapan dilakukan dengan banyak warga yang saat itu sedang mancing di kali Cisadane. Tetapi, setelah ditangkap paparnya, buaya dibiarkan tergeletak dibantaran sungai.

"Saat ditemukan bantaran Kali Cisadane, warga ga ada yang mau membawa pulang. Karena kasihan, akhirnya saya bawa pulang, dan melaporkan ke BKSDA Kabupaten Bogor,"ujar Zakaria saat serah terima di kantor Kepala Desa Bojongkulur.

Menurutnya, kondisi buaya saat ditemukan di bantaran sungai Cisadane, kondisi kaki bagian belakang sudah terikat tali. Kuat dugaan buaya itu adalah peliharaan yang sengaja di lepas.

Penyidik pegawai Negeri Sipil merangkap Polisi Kehutanan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Aalam(BBKSDA) Jawa Barat Bidang Wilayah 1, Bogor,  Sudrajat, mengatakan umur buaya diperkirakan masih 8 bulan.

"Ini jenis buaya muara, dan ini mungkin dilepaskan oleh pemiliknya. Dan BBKSDA wilayah 1, Bogor mengapresiasi, apa yang dilakukan Zakaria menyerahkan ke petugas,"tegas Sudrajat.(min)

Tidak ada komentar