Breaking News

Siasati Keringnya Sumur, Warga Terpaksa Gunakan Air Situ Sipatahunan Baleendah



INIJABAR.COM.Kabupaten Bandung – Musim kemarau yang cukup panjang dampaknya sudah dirsasakan warga kampung Sipatahunan, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Tidak semua sumur di kampung tersebut menghasilkan air yang layak, terutama untuk kebutuhan konsumsi. Terutama warga yang berada di sekitar perbukitan tebing batu ini, setiap musim kemarau panjang, kerap kesulitan mendapatkan pasokan air bersih, sehingga terpaksa memanfaatkan air Situ Sipatahunan.

“Beberapa kali membuat sumur galian, namun sayangnya, air yang dihasilkan berwarna kuning dan sedikit berbau. Jadi terpaksa kami gunakan air situ Sipatahunan,”ucap Rosyid (50) warga sekitar Situ Sipatahunan. Minggu (7/10/2018).

Banyak warga menduga, ini dikarenakan Kampung Sipatahunan berada disekitar perbukitan gersang berbatu dan buruknya kualitas air, dirasakan pula oleh warga lainnya. Dan tidak berani digunakan untuk apapun, buat nyuci dan mandi.

Akhirnya bisa dilihat setiap  sore warga  rutin bolak balik dari permukiman menuju Situ Sipatahunan dari pagi hingga sore hari dan dilakukan pada musim kemarau setiap tahunnya.


Tidak ada komentar