|
<< inijabar.com - berita terkini tetang informasi jawa barat >>
Menu Close Menu

KPU Purwakarta Janji Akan Siapkan TPS Yang Ramah Untuk Kaum Disabilitas

Sabtu, 22 Desember 2018 | 11.13 WIB
KPU Purwakarta sosialisasikan Pemilu 2019 pada kaum disabilitas

INIJABAR.COM, Purwakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta menggelar sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang kepada 50 Orang penyandang disabilitas di SLB Negeri Purwakarta, Gg Beringin, Kelurahan Negri Kaler, Kecamatan Purwakarta, Sabtu (22/12/2018).

Komisioner KPU Kabupaten Purwakarta, Ramlan Maulana mengatakan, penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok yang termasuk dalam sasaran sosialisasi. Sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tuna Daksa 267, tuna netra 207, tuna rungu/ wicara 194, tuna grahita 136 dan Disabilitas lain nya 292 Orang total 1.096 penyandang disabilitas di Purwakarta yang bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun depan.

"Sosialiasasi ini juga digelar untuk meningkatkan parsitipasi masyarakat dalam pemilu mendatang. Mereka juga berhak untuk mendapatkan sosialisasi seperti kelompok umum lainnya," ujarnya.

Dalam sosialisasi ini KPU juga berkomitmen untuk menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah bagi penyandang disabilitas. Meja yang berada di dalam bilik suara akan disesuaikan dengan para penyandang disabilitas agar mereka tidak kesusahan saat mencoblos selain itu tenaga pendamping bagi mereka juga disiapkan di setiap TPS.

"Termasuk template bagi penyandang tuna netra juga disiapkan agar mereka lebih mudah mencoblos," ucapnya kepada Inijabar.com.

Sementara Itu, Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Purwakarta, Agus mengaku pihaknya sangat antusias untuk mengikuti dan menyukseskan pemilu tahun depan. Mereka dipastikan akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu tersebut.

"Dengan sosialisasi ini kami lebih mengerti profil partai atupun sosok calon Legislatif dan calon presiden juga calon wakil presiden yang akan kami pilih," kata Agus..(Cep's)
Bagikan:

Komentar