|
Menu Close Menu

Suasana Haru, Pemprov Jabar Santuni 49 Petugas Pemilu Yang Wafat

Selasa, 23 April 2019 | 20.30 WIB

inijabar.com, Bandung- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan santunan sekaligus penghargaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kepada keluarga korban petugas pemilu serentak 2019 yang meninggal dunia saat menjalankan tugasnya.

"Sebuah rasa penghargaan setinggi-tingginya, kepada warga terbaik Jawa Barat yang dalam kapasitasnya berjuang membela cita-cita Indonesia," kata Ridwan Kamil, dalam sambutannya di Gedung Sate Bandung, Selasa (23/4/2019).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini, tidak kuasa menahan kesedihannya sehingga terbata-bata dalam menyampaikan sambutannya. Dia melanjutkan, cita-cita Indonesia dalam hal ini adalah Indonesia yang adil, makmur, baldatun thayyibatun.

"Perjalanan menuju kesana tenyata panjang, di dalam perjalanan itu kita sepakat bahwa Indonesia ini harus berlayar melalui sebuah cara yang sudah disepakati oleh kita yaitu demokrasi, suara rakyat yang menentukan perahu mau ke arah mana," katanya. 

Demokrasi ini begitu mulia, karena menomorsatukan keputusan rakyat Indonesia. Melakukannya setiap lima tahun sekali dan sudah melewati banyak rutinitas lima tahun sekali.

Namun berbeda dari biasanya perhelatan kali ini harus dibayar mahal, dengan gugurnya para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Biasanya kami tidak mendapati perhelatan pemilu ini dengan kesedihan, tapi di pemilu yang sekarang ini kita dapati berita kesedihan karena banyak warga terbaik yang mewakafkan waktunya dengan ikhlas meninggal dunia karena hal-hal yang berhubungan dengan tugasnya," tandasnya. 

Diketahui untuk di Jawa Barat total korban jiwa sebanyak 49 jiwa. Tiga diantaranya adalah anggota kepolisian, dan 46 orang dari sipil.

"Kita berikan penghargaan kepada mereka yang kita sebut pahlawan demokrasi ini, lalu beri santunan 50 juta rupiah perkorban mereka yang berpulang," pungkasnya.(*)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->