|
Menu Close Menu

Gubernur Jabar Sedih Banyaknya Pengangguran di Kab. Bekasi

Rabu, 12 Juni 2019 | 14.26 WIB

inijabar.com, Bandung- Pekerjaan Rumah (PR) bagi Eka Supria Atmaja sebagai Bupati Bekasi yang baru adalah soal banyaknya pengangguran di wilayah industri tersebut Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai melantik Eka sebagai Bupati Bekasi.

"Harus memprioritaskan warga lokal dalam persoalan pekerjaan. Pasalnya, Kabupaten Bekasi menjadi daerah dengan angka pengangguran tertinggi di Jawa Barat,"ujarnya. Rabu (12/6/2019).

"Saya tidak mau dan sedih kalau denger warga Bekasi sendiri merasa jadi tamu. Yang bekerja warga dari kota atau provinsi lain, kebanyakan warga lokal nya hanya di level-level ujung," sambung Emil, sapaan akrabnya. 

Menurutnya, upaya yang bisa dilakukan agar warga sekitar memperoleh pekerjaan dengan mewajibkan perusahaan-perusahaan atau pabrik-pabrik di Kabupaten Bekasi membuat sekolah vokasi. Sehingga, warga yang memiliki keahlian bisa tersalurkan.

"Kita akan mewajibkan pabrik-pabrik bikin sekolah namanya teaching factory tapi yang menjadi murid di sana warga lokal. Lulus di sana skillnya meningkat sesuai kebutuhan dan bisa disalurkan," katanya.

Rencana tersebut, kata Emil, ke depannya akan diupayakan menjadi Perda maupun Pergub agar berlaku di seluruh daerah. Dengan begitu, masyarakat yang belum memiliki keahlian dan keterampilan dalam bekerja bisa terlatih dan memperoleh pekerjaan.

"Nanti kita bahas, makanya saya menunggu momentum pelantikan ini supaya sinkron, jadi itu agenda terpenting Kabupaten Bekasi yang akan saya bahas," tandasnya.(*
Bagikan:

Komentar

<---IKLAN--->
<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->