|
Menu Close Menu

Kadinkes Sebut Baru 7 Puskesmas di Cirebon Miliki Mesin IPAL

Kamis, 15 Agustus 2019 | 09.09 WIB
Kadinkes Cirebon, Eni Suharno
inijabar.com, Kabupaten Cirebon- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suharno menyatakan, dari 60 Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon, hanya beberapa saja Puskesmas yang memiliki mesin Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) modern.

"Masih sedikitnya Puskesmas di Kabupaten Cirebon yang memiliki IPAL modern, lebih dikarenakan status lahan bukan milik Dinas Kesehatan. Sehingga menjadi kendala dalam pengajuan Bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat,"ucap Eni. Kamis (15/8/2019).

Diakui Eni, sebetulnya banyak peluang untuk mendapatkan bantuan pengadaan mesin IPAL modern dari anggaran Pemerintah Pusat. Namun Dinkes masih terkendala adanya aturan kepemilikan lahan yang diharuskan miliki Dinkes.

"Walaupun baru 7 Puskesmas yang menggunakan mesin IPAL modern, namun semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon telah menggunakan IPAL sederhana,"katanya.

"Kami pastikan semua Puskesmas memiliki IPAL, walaupun sederhana," tandasnya.

Eni mengaku, pihaknya setiap tahun telah menyampaikan pentingnya IPAL di setiap Puskesmas, baik pada Bupati maupun Pj. Bupati. Tujuannya agar semua Puskesmas yang berdiri di atas lahan Desa di beli oleh Pemda.

"Kami telah mengajukan pada Kepala Daerah, baik Bupati maupun Pj Bupati agar lahan Puskesmas dibeli Pemda, sehingga dapat menerima bantuan IPAL modern yang berasal dari anggaran Pemerintah Pusat," pungkasnya.(*)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->