Bandung Barat Bakal Bentuk 5 BUMD Baru

Redaktur author photo
Direktur Utama PT.PMgS, Denny Ismawan
inijabar.com, Bandung Barat-Direktur BUMD PT PMgS ( Perdana Multiguna Sarana) Denny Ismawan membenarkan, jika Bupati ingin melakukan percepatan pembentukan lima anak usaha di bawah BUMD PT PMgS.

“Pak bupati inginnya cepat membentuk anak perusahaan dari BUMD, kami akan lakukan kajian dulu apakah anak usaha ini murni dari APBD modalnya atau melibatkan pihak swasta. Targetnya di tahun 2020 bisa terwujud,” kata Denny di Padalarang, seperti dilansir jabarekspres. Selasa (10/9/2019).

Sesuai arahan Bupati, sambung Deny, jika anak perusahaan bisa berdiri, maka potensi pendapatan asli daerah (PAD) serta potensi lainnya yang belum tergali bisa lebih dioptimalkan.

“Yang pasti berdirinya anak perusahaan itu agar meningkatkan PAD, terutama yang belum tergali selama ini. Dari target lima perusahaan, minimal di 2020, ada satu atau dua anak perusahaan dulu yang bisa mulai jalan,” katanya.

Kendati tak menyebutkan bidang atau sektor yang akan dikelola oleh anak perusahaan BUMD tersebut, namun pihaknya memastikan hadirnya perusahaan baru nanti, akan sangat berdampak positif bagi perekonomian di KBB. 

“Untuk fokus bidangnya nanti kami sampaikan. Yang pasti syarat pembentukan anak perusahaan itu harus melalui keputusan RUPS (rapat umum pemegang saham), yang disetujui pemegang saham, dalam hal pak bupati,” ungkapnya.

Setelah ada persetujuan dari pemegang saham, kata Denny, selanjutnya mempersiapkan legalitas mulai dari pembentukan PT yang dilengkapi dengan kesiapan SDM (sumber daya manusia) dan administrasi keuangan (modal usaha).

“Kalau anak usaha itu memang tidak terlalu sulit, karena sudah ada payung hukumnya berlandaskan pada Perda yang kita punya saat ini (Peraturan Daerah KBB Nomor 21 Tahun 2009 tentang Pembentukan BUMD),” terangnya. 

Sejumlah bidang usaha seperti, production house atau rumah produksi hiburan. Usulan itu pun telah disampaikan Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Selanjutnya perusahaan yang akan mengelola hasil produk UMKM sebagai ciri khas oleh-oleh dari KBB dan terakhir ada perusahaan kontraktor.

Sementara saat ini, BUMD PT PMGS masih fokus pada pelayanan air bersih kepada masyarakat serta penjualan air minum kemasan. (*)
Share:
Komentar

Berita Terkini