|
Menu Close Menu

LSM Perak Jabar Pantau Percepatan Pembangunan di Pedesaan

Kamis, 05 September 2019 | 14.42 WIB

inijabar.com,Karawang- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perjuangan Ekonomi Rakyat Anti Korupsi Indonesia (LSM Peraki) DPD Jawa Barat yang bermarkas di Kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang lakukan pemantauan terhadap lembaga pemerintahan desa terkait penggunaan anggaran yang terserap oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) di setiap tahun anggaran.  Baik bantuan keuangan dari APBN maupun APBD ditiap kabupaten di Jawa Barat.

Menurut Ketua DPD LSM Peraki Jawa Barat, Endah Lesmana saat berkunjung ke wilayah Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang di Desa Jatibaru Kecamatan Jatisari Karawang. Bahwa kehadiran LSM Peraki Jabar untuk memantau penggunaan alokasi anggaran pembangunan yang terserap oleh setiap pemdes di setiap tahun anggaran.

"Pemdes itu kan menerima gelontoran anggaran pembangunan sebagai anggaran percepatan pembangunan pedesaaan. Yang perlu diawasi oleh semua pegiat anti korupsi di Indonesia,"katanya pada inijabar.com,Kamis(5/9/2019) di Kantor Desa Jatibaru Kecamatan Jatisari.

Dikatakan Endah Lesmana, apabila ada temuan terkait penyalahgunaan anggaran pembangunan percepatan infrastruktur pedesaan. Maka akan ditindaklanjuti ke pihak Tipikor kabupaten setempat sebagai temuan dugaan penyalanggunaan anggaran keuangan bantuan.

"Ya,apabila ada temuan akan ditindak lanjuti agar masuk ranah hukum lebih lanjut,"tandasnya.

Sementara, Kepala Desa Jatibaru, Afriansyah,  Kecamatan Jatisari mengatakan, kehadiran LSM Peraki di Jawa Barat sebagai lembaga kontrol sosial. Dengan adanya LSM Peraki agar setiap pemdes merealisasikan anggaran bantuan keuangan sesuai dengan RAB. 

"Baguslah masyarakat berperan mengawasi jalannya pembangunan. Supaya program percepatan pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,"katanya (dej)

Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->