|
Menu Close Menu

Desa Pulojaya Karawang Gelar Helaran Budaya Hajat Bumi

Senin, 30 Desember 2019 | 14.30 WIB

inijabar.com,Karawang- Pemerintahan Desa Pulojaya Kecematan Lemahabang Karawang gelar budaya patani yakni Hajat Bumi Tasyakuran hasil panen padi dan palawijaya yang berlimpah.

Digelarnya hajat bumi Mugia Tiasa Ngaronjatkan Hasil Tatanen (Semoga dapat meningkatkan hasil pertanian).

Menurut Solehudin, Kepala Desa Pulojaya, bahwa digelarnya hajat bumi sebagai rasa syukur kehadirat Allah SWT atas hasil panen yang berlimpah selama ini.

"Helaran budaya hajat bumi itu sebagai tradisi budaya yang terus dilestarikan ditengah masyarakat di Karawang,"katanya pada inijabar.com,Senin(30/12/2019).

Dikatakan Kades Solehudin, dengan di gelarnya hajat bumi para patani bersyukur atas hasil panen raya yang berlimpah selama ini. Selain itu, gelar hajat bumi sebagai tradisi budaya Sunda yang perlu dilestarikan. 

"Kearifan budaya lokal harus tetap dipertahankan dan dilestarikan ditengah masyarakat di Desa Pulojaya,"tandasnya.

Ruwatan budaya hajat bumi juga sambung Kades Solehudin, akan digelar pagelaran Wayang Golek Ki Dalang, Dede Koswara Hudaya.

"Malamnya digelar juga pentas seni pagelaran Wayang Golek ruwatan,"tandasnya.

Ia juga selaku kepala Desa Polujaya mengucapkan banyak terima kasih atas seluruh partisipasi masyarakat yang ikut memeriahkan helaran budaya hajat bumi. 

"Saya ucapkan terima kasih atas semua partisipasi masyarakat yang ikut berpartisipasi di acara helaran budaya hajat bumi,"pungkasnya (dej)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->