PT.SPB Terima Kunjungan DPRD Kutai Kertanegara

Redaktur author photo

inijabar.com, Kota Bekasi- PT. Sinergi Patriot Bekasi (SPB) mendapat kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Kutai Kertanegara, guna mempelajari pelayanan publik dan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara maksimal.

"Kita mendapat informasi BUMD yang trennya positif adalah PT SPB. Kita dapat pencerahan dari kunjungan ini bahwa pelayanan publik SPB mix dengan PAD," ungkapnya salah satu anggota DPRD Kutai Kartanegara, Rendi. Selasa (3/12/2019).

Sementara itu Direktur Utama PT Sinergi Patriot Bekasi, Muhammad Fikri Aziz mengaku kunjungan kerja DPRD Kabupaten Kutai Kertanegara bertujuan untuk mempelajari pengelolaan BUMD hilir yang dikelolanya.

"Mereka belajar dari mulai pembentukan BUMD nya, penyertaan modal dari dasar sampai berikut, mencairkan dan memanfaatkannya," kata Fikri.

Kabupaten Kutai Kertanegara, kata dia, memiliki potensi sumber daya alam yang berkali lipat jumlahnya bila dibandingkan dengan Kota Bekasi.

Hanya saja, pemerintah setempat tidak memiliki BUMD hilir yang berkonsentrasi mengelola penjualan.

"Disana potensi melimpah bahkan ratusan kali lipat dari Bekasi, hanya belum dimaksimalkan karena persoalan ide dan terobosan. Jadi kesini belajar. Bagi mereka, Bekasi dengan cakupan segini tapi bisa memaksimalkan potensi yang ada," katanya.


"Dalam pengelolaan SDA, mereka baru memiliki satu BUMD, dalam urusan migas yang hanya mengambil dan memanfaatkan partisipasi 10 persen sesuai yang diamanatkan oleh UU Migas," jelas Fikri.

lebih lanjut Fikri menganjurkan agar Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara membentuk BUMD seperti Sinergi Patriot. Hal ini dimaksud untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

"Mereka harus membentuk BUMD seperti Sinergi Patriot, yang bergerak di bidang hilir. Tujuannya agar bisa bisa melayani masyarakat dengan mengalirkan gas dan juga bisa melayani industri, hotel dan kawasan komersial lainnya. Selama BUMD belum ada mereka belum bisa melakukan itu," pungkasnya.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini