|
Menu Close Menu

Bambang Istianto: Sebaiknya Outing Class Dintegrasikan ke Program Sekolah Dibiayai APBD

Minggu, 19 Januari 2020 | 12.05 WIB
Dr.Bambang Istianto, Dosen STIAMI Jakarta.
inijabar.com, Kota Bekasi- Polemik kegiatan outing class di sekolah yang sering dijadikan lahan bisnis dan memberatkan orang tua siswa disikapi oleh Dosen STIAMI (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Management Indonesia) Jakarta, Bambang Istianto.

"Memang saya juga lagi mencermati dampak program outing class ini lagi marak. Di kampus STIAMi juga ada dosen yang memptraktekan program sejenis. Memang yang pasti harus ada biaya ekstra bagi siswa dan otomatis beban tambahan bagi orang tuanya,"ujarnya pada inijabar.com. Minggu (19/1/2020).

Outing Class menurut dia, sebuah kegiatan yang menjelaskan teori dalam alam terbuka dan seni praktek boleh jadi ada manfaat bagi siswa lebih fresh, rilex dan merdeka.

"Tetapi jika program tersebut tidak diintegrasikan dalam kurilkulum dan program sekolah memang bisa berdampak negatif. Apalagi jika sifatnya kegiatan ekstra kurikuler dan voluntir rentan dengan pungli dan menumbuhkan moral hazzard,"jelas Bambang Istianto.

"Jika pola outing class terintegrasi dengan kegiatan sekolah yang dibayai oleh APBD, bisa menjadi solusi dan tidak membebani orang tua siswa,"sarannya. (*)
Bagikan:

Komentar