|
Menu Close Menu

Puskesmas Margadadi Monitoring Penjaringan Kesehatan Anak Seko

Senin, 10 Februari 2020 | 12.02 WIB

inijabar.com, Indramayu-Anak usia karena terorganisir dengan baik.

Diketahui bahwa sebagian anak SD/MI masih mengalami masalah gizi yang cukup serius, kesehatan gigi dan kesehatan indera penglihatan serta pendengaran.

Melihat permasalahan diatas Kepala Puskesmas Margadadi H.Tardi, mengatakan pelayanan kesehatan di sekolah diutamakan pada upaya peningkatan kesehatan dalam bentuk promotif dan preventif.

"Upaya preventif antara lain kegiatan penjaringan kesehatan ( Screening kesehatan ) untuk peserta didik. Salah satu yang perlu dilakukan adalah kegiatan penjaringan kesehatan anak baik ditingkat dasar maupun tingkat sekolah lanjutan,"ucapnya (10/2/2020)

Menurutnya kegiatan program Usaha Kesehatan Sekolah yang dimaksudkan sebagai upaya preventif untuk membantu menemukan masalah dari peserta didik khususnya terkait kesehatannya dalam rangka kesiapan menghadapi proses belajar sehingga diharapkan akan menunjang prestasi belajar bagi anak.

Semetara Kepsek SDN Margadadi 2 Dri Andani SPd.SD Dari temuan masalah kesehatan peserta didik yang ada perlu dilakukan tindak lanjut dari hasil penjaringan kesehatan dengan mengumpan balikkan ke pihak pengelola pendidikan, guru serta kepada orang tua murid sehingga bila memang harus dilakukan tindakan,intervensi antara lain pemeriksaan lanjutan dengan rujukan akan segera dapat ditintaklanjuti.

Ia malanjutakan tujuan Umum untuk Meningkatkan derajat kesehatan peserta didik secara optimal adapun Tujuan Khususnya 1.

Terdeteksinya secara dini masalah kesehatan peserta didik 2. Tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik, maupun untuk dijadikan pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan sekolah.dan yang Ke 3.

Termanfaatkannya data untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi program pembinaan peserta didik. Dalam Pelaksanaan penjaringan di SDN Margadadi 2.

"Tenaga pelaksana 3/cukup petugas (perawat) Saran pendukung /kit UKS ada Sesuai jadwal,sedangkan Jumlah Sasaran 104 anak dari Kls 2 dan 6,sementara jumlah anak yang di periksa 95 Anak,"pungkasnya,(Sai)
Bagikan:

Komentar