Duh, Jumlah Positif Covid 19 di Karawang Tembus 44 Orang

Redaktur author photo

inijabar.com, Karawang- Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan penyebaran COVID-19 Kabupaten Karawang, Fitra Hergyana menyatakan kasus positif COVID-19 bertambah sebanyak 2 orang pada Sabtu ( 11/4/2020) sore.

Ini menambah daftar positif COVID-19 di Kabupaten Karawang menjadi 44 orang. Bahkan kini kondisi tersebut membuat sejumlah rumah sakit rujukan kekurangan ruangan isolasi pasien.

Sebagai langkah antisipasi, kata dia, Pemkab Karawang memilih Balai Latihan Kerja (BLK) di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Karawang direkomendasikan menjadi ruangan tambahan bagi pasien PDP maupun positif covid-19 yang tidak bergejala. 

“Penunjukan BLK ini sebagai langkah jika angka pasien PDP maupun positif di Kabupaten Karawang bertambah, dan ruangan di RS sudah penuh,”ucapnya.

Fitra menjelaskan, ada 15 ruangan BLK yang saat ini tidak digunakan. 1 ruangan bisa ditempati untuk 2 orang pasien.

“Kami sepakat bahwa BLK ini layak untuk digunakan tempat isolasi,” ujarnya.

Fitra menegaskan, penambahan jumlah korban virus corona tak hanya pada pasien yang sudah dinyatakan positif. Disebutnya, ODP di Karawang mencapai total 2.607 orang dengan rincian selesai pemantauan sebanyak 1.362 orang dan masih dalam pemantauan sebanyak 1.245 orang.

“Untuk PDP total 76 orang, selesai pengawasan 36 orang dan masih dalam pengawasan 38 orang,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah orang tanpa gejala (OTG) juga meningkat. Kini, Dinas Kesehatan mendata sebanyak 135 orang dan telah selesai 5 orang serta masih dalam pemantauan sebanyak 130 orang. Fitra mengatakan, masyarakat harus ikut membantu pemerintah dengan patuh pada imbauan social distancing. 

“Kami terus berharap agar masyarakat patuh atas anjuran pemerintah dan aparat, untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Karawang,” ujarnya.

Fitra menyebut bila tim satgas juga telah meluncurkan aplikasi dan web khusus untuk pelaporan PDP dan pasien positif bagi rumah sakit se Karawang dan puskesmas. Web tersebut adalah laporcovid19. karawangkab.go.id .

“Rumah sakit dan puskesmas sudah diberikan user akun untuk login dan lapor. Jadi data terus update,"tandasnya.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini