|
Menu Close Menu

Posko dan Lokasi Tes Covid-19 Kabupaten Cirebon Dipindah, Ini Alasannya

Rabu, 01 Juli 2020 | 21.29 WIB

inijabar.com, Kabupaten Cirebon- Lokasi Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon dan lokasi pelayanan test covid-19 akan dipindah. Hal tersebut bertujuan untuk lebih memudahkan akses masyarakat. 

Kabag Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan menuturkan,  pelayanan rapid tes dan swab yang sebelumnya dilakukan di Sport Center Watubelah Sumber, akan dipindah ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Puskesmas di wilayah Kabupaten Cirebon. 

Nanan menjelaskan, agar mempermudah masyarakat, ketika membutuhkan pelayanan tersebut. Karena menurut Nanan, dengan adanya pelayanan di Puskesmas, membuat masyarakat lebih mudah mengakses. 

"Agar lebih mudah diakses oleh masyarakat. Lebih dekat juga," kata Nanan. 


Dia memastikan bahwa pemeriksaan baik itu rapid tes ataupun swab, masih dilaksanakan oleh Pemkab Cirebon, sampai Kepres Nomor 12 Tahun 2020 tentang penetapan Bencana Non-Alam penyebaran corona virus disease sebagai bencana nasional dicabut. 

Ia menambahkan, sebenarnya sudah mulai hari ini proses perpindahan itu dilakukan. Namun karena masih ada persiapan dalam beberapa hal, proses pemeriksaan covid-19, saat ini dilakukan di Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

"Untuk saat ini, pelayanan rapid dan swab tes, dilakukan di Dinas Kesehatan, karena Labkesda dan Puskesmas sedang melakukan persiapan untuk melaksanakan tugas ini," katanya.Rabu (1/7/2020).

Selain lokasi pemeriksaan covid-19, lokasi posko gugus juga dilakulan pemindahan. Jika sebelumnya berlokasi di Sport Center Watubelah Sumber Cirebin, dipindah ke Sekretarian PSC 119 Dinkes Cirebon. 

Nanan menyebutkan, pemindahan posko ini, untuk lebih mengefisiensikan operasional kesekretariatan. 

Selain itu, perpindahan lokasi posko ini juga, akan mempermudah koordinasi, dalam penanganan dan pengendalian covid-19.

"Intinya, perpindahan yang dilakukan ini, untuk memaksimalkan kinerja penanganan covid-19 di Kabupaten Cirebon," katanya. (Fii)
Bagikan:

Komentar