|
Menu Close Menu

Emil Sepakat Momentum HUT RI Sebagai Kebangkitan dari Terpuruknya Bangsa Akibat Pandemi

Jumat, 14 Agustus 2020 | 18.30 WIB


inijabar.com, Kota Bandung- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo mengaku mendukung HUT ke-75 RI sebagai momentum bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan karena pandemi.


“Bapak Presiden (Joko Widodo) memberikan pidato yang sangat komprehensif. Pertama, menyemangati kita walaupun seluruh dunia hari ini mengalami problema oleh pandemi COVID-19 dan penurunan ekonomi. Tapi melalui semangat kebersamaan dan gotong royong, kita harus gunakan momentum ini juga sebagai kebangkitan Indonesia,” ujarnya didampingi Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum pada Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Jawa Barat. Jumat (14/8/2020).


“Kedua, di (tengah) pandemi ini Presiden berpesan agar kita fokus dan mengucapkan terima kasih kepada mereka-mereka yang sudah berkorban khususnya dalam menyelamatkan masyarakat Indonesia dari COVID-19 dan kerja keras bersama dari sisi ekonomi,” tambahnya. 


Selain itu, pria yang akrab disapa Kang Emil menyampaikan, perayaan kemerdekaan di tengah pandemi ini juga bisa menjadi momentum bangsa Indonesia untuk naik kelas dengan memanfaatkan teknologi digital di berbagai aspek kehidupan. 


“Ada pesan juga (dari Presiden) di sisi digital. Sudah saatnya kita naik kelas menjadi bangsa yang menggunakan digital untuk kemajuan bangsa dan persatuan melalui yang namanya teknologi digital,” ujar Emil. 


Meneruskan pesan presiden, dia pun berujar, pandemi COVID-19 menjadi momentum bagi Indonesia untuk berswasembada, baik di bidang kesehatan maupun pangan. 


Khusus pangan, Kang Emil mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti program pemerintah pusat terkait redistribusi tanah kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


“Tadi (dalam Pidato Kenegaraan Presiden) disampaikan di beberapa daerah sudah dimulai (redistribusi tanah), seperti di Sumatera program tanah diredistribusi kepada rakyat untuk digunakan untuk kepentingan rakyat atas tanah-tanah yang selama ini diberi izin tapi tidak dipergunakan,” tuturnya.


“Jawa Barat akan tindak lanjuti (redistribusi tanah) dan Ketua DPRD Jawa Barat juga sudah memberikan arahan, ada tanah-tanah yang kurang bermanfaat. Jadi, kita akan sejahterakan rakyat melalui program itu atas arahan presiden,” ucap Emil. 


Terkait perayaan Kemerdekaan RI di tengah pandemi kali ini, Emil meminta masyarakat yang ingin merayakannya untuk berinovasi dan kreatif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara benar.


“Intinya mari kita rayakan dengan lebih pada instrospeksi, mencari hikmah dengan kegembiraan-kegembiraan yang sifatnya dalam protokol kesehatan,” ucap Kang Emil. 


“Dan ini (perayaan HUT ke-75 RI di tengah pandemi) adalah tantangan bagaimana kita merayakan dengan kreativitas tanpa mengurangi kedisiplinan terhadap protokol kesehatan,” tutupnya. (Fii)

Bagikan:

Komentar