|
Menu Close Menu

Kiai dan Asatidz Berkolaborasi Bangun SDM Jabar 

Jumat, 28 Agustus 2020 | 15.54 WIB


inijabar.com, Kabupaten Purwakarta- Wakil Gubernur  Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan bantuan paket sembako dan alat pertanian Program Santri Tani (Santani) Jabar Juara bagi Pondok Pesantren Miftahul Huda At Taqwa di Desa Nangewer, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jumat (28/8/2020). 


Uu mengatakan, pondok pesantren merupakan salah satu komponen pembangunan sehingga para santri harus mampu menjadi agen perubahan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan. 


Dia mengajak para kiai dan asatidz (guru) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Jabar baik dari segi akhlak, amal, maupun kemandirian serta kemampuan bermasyarakat. 


"Ayo, bangun Jabar dengan meningkatkan syariat, ibadah, kokohkan rumah tangga, dan ketaatan dalam berbangsa dan bernegara, kita tingkatkan semangat ahlussunnah wal jamaah," ajak Kang Uu.


"Kami pun perlu kolaborasi dengan para kiai dan asatidz agar tidak ada sekat dengan pemerintah. Target kami tidak hanya pembangunan fisik dan infrastruktur, tapi juga pada pembangunan akhlak manusianya," tambahnya. 


Uu menjelaskan, Santani Jabar Juara termasuk salah satu program yang mendorong santri agar memiliki keahlian, khususnya di bidang pertanian. Program ini juga diharapkan dapat memotivasi para santri untuk mewujudkan kedaulatan pangan sekaligus kemandirian ekonomi di lingkungan sekitarnya.


"Bangunlah kemandirian ekonomi sehingga pesantren tidak hanya mengandalkan sumbangan dari masyarakat saja, tapi pondok pesantren juga bisa berdaulat," kata Kang Uu.(fii)

Bagikan:

Komentar