Kecamatan Gempol Siap Laksanakan E-Pilwu

Redaktur author photo


inijabar.com, Kabupaten Cirebon- Bupati Cirebon H. Imron memgapresiasi perkembangan yang terjadi di Kecamatan Gempol. Salah satunya dalam bidang Informasi dan Teknologi (IT).


Dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Gempol, Imron mendapati seluruh desa di Kecamatan Gempol sudah terkoneksi dengan internet.


Bukan hanya itu, data yang dimiliki oleh pemerintah desa di Kecamatan Gempol, juga sudah terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.


"Tadi saya lihat sendiri, datanya lengkap. Data kependudukannya bisa terkoneksi dan bisa diprint," tutur Imron, Rabu (7/10/2020).


Selain data kependudukan, sistem yang saat ini sudah dikembangkan di Kecamatan Gempol, juga sudah bisa mendata secara langsung, siapa saja yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).


Sehingga, walaupun saat ini tidak sedang dilaksanalan Pilkada ataupun Pilwu, masyarakat bisa langsung melihat daftar namanya, apakah masuk atau tidak dalam DPT.


"Warga bisa mengecek DPT saat ini, walaupun sedang tidak ada pemilihan," ungkap Imron.


Melihat kondisi tersebut, Imron mendorong Kecamatan Gempol, untuk menjadi percontohan pelaksanaan Elektronik Pilihan Kuwu (E-Pilwu). Pihaknya nanti akan segera berkoordinasi dengan BPPT, untuk memastikan kesiapan pelaksanaan E-Pilwu.


Selain itu, Imron juga akan menerjunkan tim, untuk memastikan kesiapan alat dan SDM di Kecamatam Gempol, jika memang siap melaksanakan E-Pilwu.


"Kalau ternyata semuanya sudah siap dan aman, maka Kecamatan Gempol bisa melaksanakan E-Pilwu,"ujar Imron.


Jika nanti hal tersebut bisa direalisasikan, maka Kecamatan Gempol bisa menjadi percontohan pelaksanaan E-Pilwu di Jawa Barat. (Fii)

Share:
Komentar

Berita Terkini