Menhub Tinjau Alat Deteksi Covid Karya Anak Bangsa di Stasiun KA Bandung

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bandung - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelayanan alat deteksi covid-19 karya anak bangsa “GeNose” di Stasiun Kereta Api (KA) Bandung pada Jumat (19/2/2021). Penerapan GeNose di Stasiun KA Bandung sebagai salah satu syarat bepergian menggunakan kereta api jarak jauh sudah diterapkan sejak 15 Februari 2021 lalu.


"Ini adalah tahap kedua GeNose kita lakukan. Tahap pertama yaitu di Jakarta dan Yogyakarta dan sekarang ada penambahan di 5 kota lagi yaitu Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Solo,” ucap Budi.


Hingga saat ini, sudah ada 8 stasiun KA yang menyediakan pelayanan penyaringan Covid-19 melalui GeNose. Menhub menjelaskan, ke depannya akan semakin bertambah lagi stasiun KA yang akan menggunakan alat GeNose ini. 


“Saya harap dalam kurun waktu seminggu ini, pelayanan GeNose sudah ada di 20 kota lainnya. Dan bertambah lagi ke 44 kota lainnya dalam waktu kurang dari satu bulan,” ujarnya.


Budi mengapresiasi PT Kereta Api Indonesia yang sudah melakukan sejumlah perbaikan pelayanan dengan menyediakan bilik penyekatan bagi para calon penumpang yang melakukan tes GeNose agar tidak berdekatan satu dengan yang lain, seperti yang disarankan oleh para ahli epidemiologi.


Menhub juga mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk menggunakan GeNose. Sejak 15 Februari 2021 s.d hari ini (hari ke-5), penumpang kereta api yang melakukan tes screening GeNose di Stasiun Bandung sudah mencapai 1.514 orang. (*)



Share:
Komentar

Berita Terkini