Pramuka Kwarcab Ciamis Giat Penanaman Pohon inijabar.com
|
Menu Close Menu

Pramuka Kwarcab Ciamis Giat Penanaman Pohon

Minggu, 21 Februari 2021 | 17.19 WIB




inijabar.com, Ciamis- Pramuka Kwarcab Kabupaten Ciamis, gelar Kegiatan Nanam Pohon (KNP) di Puncak Asih Gunung Sawal, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Minggu, (21/2/2021).


Dalam kegiatan menanam ini, ada beberapa jenis pohon yang ditanam diantaranya ada 100 pohon Picung, 100 pohon Kawung/Aren dan 100 Bitung.


Nanang Permana S.H., selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Ciamis, mengatakan,  gerakan menanam pohon ini dilakukan dalam rangka bagaimana memelihara sumber air.


"Karena ke depan, kita akan ribut persoalan air, kalau tidak dipelihara dari sekarang, maka ributnya akan dahsyat kelak di kemudian hari," ucap Nanang


Bersama pramuka ini, lanjut Nanang, rencananya seluruh keliling Gunung Sawal, Madati dan Geger Bentang, akan terus melakukan menanam tanaman-tanaman konservasi. Diantaranya Pohon Picung, Aren, Jambe dan Gintung. Karena ketiga gunung itu, oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis sudah dinyatakan hutan konservasi.


"Harapan saya, gunung sawal, madati dan geger bentang, sebagai bank air di ciamis, itu akan benar-benar terlaksana dan tersedia," ungkapnya


Kata Nanang, jangan sampai seperti sekarang, gunung sawal itu sudah tidak lagi jadi bank airnya Kabupaten Ciamis. Karena tanaman di atasnya itu pohon pinus, tidak mungkin di bawah pohon pinus air tersimpan.


"Jika hujan, airnya tidak sampai ke tanah, daun pinus yang menumpuk itu akan mengalirkan langsung airnya, karena seluruh pohon pinus mengandung lilin. Dan daun pinus akan hancur bersenyawa dengan tanah butuh waktu 3,5 tahun," terangnya


Selanjutnya Nanang mengatakan, jika dalam hal ini, pak Erik Tohir, mempertimbangkan kembali keberadaan perhutani di Kabupaten Ciamis.


"Sebaiknya segera dibubarkan perhutani dari kabupaten ciamis, karena kami ingin gunung sawal jadi hutan taman nasional," tutupnya


Senada dengan itu, Ketua Abdimas, Wirapati, mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon ini.


"Ini merupakan rangkaian acara badan powellday untuk Kwarcab Ciamis, yang akan jatuh pada tanggal 22/2/2021, yaitu dua hari ke depan," ucap Wira.


Tujuannya adalah, melestarikan hutan dan mendukung sepenuhnya upaya Ketua Kwarcab. Untuk mewujudkan bahwa Kabupaten Ciamis punya Misi bermanfaat bagi Masyarakat.


"Semoga kerja dan dedikasi kami, bisa diterima di Masyarakat, pramuka bisa hidup dan berkembang," pungkasnya.(edo)

Bagikan:

Komentar