Satgas Citarum Harum Sektor-18 Cek Berkala Ipal Komunal inijabar.com
|
Menu Close Menu

Satgas Citarum Harum Sektor-18 Cek Berkala Ipal Komunal

Minggu, 15 Agustus 2021 | 11.04 WIB




inijabar.com, Karawang- Sebagai tempat penyaringan sekaligus pengontrolan sirkulasi pembuangan limbah cair yang berdampak pada kebersihan aliran Sungai Citarum, IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal yang terletak di Dusun Sukajaya, Desa Anggadita, Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, Satgas Citarum Harum Sektor-18  Kodam III Siliwangi, terus melakukan pengecekan rutin secara berkala terhadap pembuatan IPAL Komunal tersebut.


Salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh BAOPS (Bintara Operasional) Sektor-18 Satgas Citarum Harum, Serma Mulyana, yang melakukan secara langsung pengecekan Minggu pagi tadi (15/8/2021).

Serma Mulyana pastikan pembangunan IPAL Komunal yang nantinya akan menjadi muara pembuangan sampah domestik dari warga setempat tersebut dengan sangat mendetail, sebelum nantinya limbah cair domestik tersebut mengalir ke aliran Sungai Citarum.


Dari pantauannya tersebut, Serma Mulyana dapat menyimpulkan bahwa progres pembangunan IPAL Komunal yang memiliki kapasitas bisa menampung limbah domestik rumah tangga hingga 50 Kepala Keluarga tersebut dan berada di Desa Anggadita ini kurang lebih pengerjaannya sudah mencapai 60%, setelah 100% Ia pastikan IPAL Komunal itu sudah dapat digunakan, tentunya dengan beberapa hari waktu masa percobaan.


Ia berharap pengerjaan IPAL Komunal ini segera dapat diselesaikan dengan baik, tanpa ada halangan apapun dan sesuai dengan rencana, agar dapat bekerja dengan maksimal hingga  kelestarian dan kebersihan Sungai Citarum dapat terjaga dari pencemaran limbah domestik yang dihasilkan   masyarakat sekitar.


"Semoga kedepannya kondisi Sungai Citarum kedepannya dengan adanya IPAL Komunal ini semakin bersih, dan baku mutu airnya semakin sesuai dengan yang diharapkan,"pungkasnya.(pik)

Bagikan:

Komentar