Herdiat Sebut Santri Siaga Jiwa Raga Merupakan Sikap Komitmen

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam sambutannya di peringatan Hari Santri menjelaskan maksud tema santri siaga jiwa raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air. 


"Siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada aqidah, nilai dan ajaran Islam Rahmatan lil 'alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia,"ucapnya. Jumat (22/10/2021).


"Sedangkan siaga raga berarti badan, tubuh, tenaga dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia,"terangnya. 


Menurutnya, siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga Tazkiyatun Nafs yaitu mensucikan jiwa. 


Selanjutnya, Herdiat mengatakan, tema santri siaga jiwa raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini. 


"Insyaallah santri menjadi garda terdepan ikut memerangi covid 19 dan menjadi contoh di dalam kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan insya Allah kontribusi santri bagi bangsa ini makin hari makin besar, " tuturnya. 


Selain itu, dia menuturkan hari santri nasional menjadi momen pengingat sekaligus refleksi terkait kontribusi santri bagi kemerdekaan Indonesia. 


"Kontribusi ini terbukti dalam perjalanan sejarah kita, di mana para santri hadir dalam setiap tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa dan santri menjadi komponen penting salah satu pilar ketika Indonesia meraih kemerdekaan,"jelasnya. 


Terakhir, Herdiat mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama  mendoakan para pahlawan baik dari kalangan ulama, Kiyai, santri yang telah Syahid di medan perang demi kemerdekaan kemaslahatan bangsa dan agama. 


"Selamat hari santri tahun 2021 santri siaga jiwa raga, semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan meridhoi langkah kita semua,"pungkasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini