Dinkes Andalkan 10 PHBS Rumah Tangga Untuk Masyarakat Ciamis Sehat

Redaktur author photo


Kabid Kesmas Dinkes Ciamis, dr Eni Rochaeni


inijabar.com, Ciamis- Berbagai startegi-strategi untuk meningkatkan drajat kesehatan masyarakat dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis. Salah satunya program PHBS Rumah Tangga (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dimulai dari rumah sendiri.


"Salah satu yang gencar kita lakukan bagaimana PHBS di mulai dari rumah tangga, juga ada di lingkungan sekolah, juga ada di beberapa tatanan-tatanan tapi kita fokuskan di sepuluh PHBS kehidupan rumah tangga,"ucap dr Eni Rochaeni selaku Kabid Kesmas Dinkes  Ciamis saat ditemui di kantornya. Rabu (22/6/2022).


Sekedar diketahu 10 PHBS Rumah tangga terdiri dari,

1.pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan

2.Memberi bayi ASI eksklusif

3.menimbang balita setiap bulan

4.menggunakan air bersih

5.mencuci tangan dengan air bersih dan sabun

6.Menggunakan jamban sehat

7.memberantas jentik di rumah sekali seminggu

8.makan buah sayur setiap hari

9.melakukan aktivitas fisik setiap hari

10.tidak merokok di dalam rumah


Dia menyebut, sesuai visi misi kabupaten ciamis, mantapnya kemandirian ekonomi, sejahtera untuk semua.


"Untuk memulai peningkatan kemandirian ekonomi, sejahtera diawali dengan sehat dulu,"ucap dr.Eni.


"Visi kami (Dinkes) untuk memulai semua itu dimulai dengan peningkatan SDM (sumber daya manusia). Semua masyarakat Ciamis harus sehat dan untuk itu bagaimana caranya SDM kita harus berkualitas,"tuturnya.


Kalau semua rumah tangga menjalankan 10 PBHS ini, kata dia, kebayang itu rumah tangganya sehat, bapaknya sehat ibu nya sehat anaknya sehat dan lansia yang di rumah semua sehat.


"Nah pasti biaya berobat dan lainnya kan berkurang dan bisa dialihkan untuk kehidupan ekonomi lainnya misalnya buka warung yang lebih produktif lagi,"ujarnya.


Di Ciamis, kata wanita berjilbab ini, ada 37 puskesmas dan setiap puskesmas ada programer, promkes dan pemberdayaan masyarakat. Jadi PHBS, Posyandu ada nya di promosi kesehatan (Promkes) dan pemberdayaan masyarakat.


"Jadi petugas Promkes di wilayah kerjanya masing-masing untuk mengajak masyarakat minimal tau, kalau sudah tau kemudian mau, kalau sudah mau, sadar lalu mampu untuk menjalankan 10 PHBS,"jelasnya.


 "Harapanya 10 PHBS Rumah Tangga bisa dijalankan. Kalau itu dijalankan Ciamis akan sehat,"tandasnya (edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini