Ini 6 Keunggulan Paylater Dibanding Kartu Kredit Yang Disuka Anak Muda

Redaktur author photo


Ilustrasi


Inijabar.com, Kota Bekasi - Dengan beragam kemudahan, prosesnya yang relatif cepat hingga kecepatan mengaksesnya, paylater menjadi salah satu tren yang disukai generasi muda saat ini bila dibandingkan kartu kredit.


Terkait hal tersebut, Pengamat Perbankan, Husnul Khatimah menjelaskan, generasi muda saat ini pada dasarnya lebih suka dengan fasilitas yang mudah dan cepat, proses yang tidak memerlukan persyaratan terlalu banyak dan ribet.


Soal jenis cara pembayaran yang sedang banyak diminati anak muda saat ini, yatu beli sekarang dan bayar nanti (Buy Now Pay Later) menjadi salah satu alternatif pembayaran belakangan ini. 


"Hadirnya paylater mengusung konsep baru untuk kemudahan berbelanja, salah satunya proses persetujuan yang sangat mudah," katanya, Selasa (25/10/2022).

[cut]



Lanjut Husnul, dengan persyaratannya yang lebih ringkas dan cepat dibandingkan pengajuan kartu kredit, layanan ini layak disebut sebagai pengganti kartu kredit karena berbagai kemudahan yang diberikan. 


"Dan sifat dari kartu ini independen, sehingga tidak ada ikatan dengan bank tertentu. Namun, dari segi fasilitas dan layanan yang diberikan dijamin akan memuaskan konsumen," katanya.


Ia pun menjelaskan beberapa keunggulan Paylater daripada kartu kredit, diantaranya, pertama, kerjasama dengan banyak Toko Offline


Paylater biasanya memiliki kerjasama dengan berbagai merchant offline yang memudahkan saat berbelanja. Hal yang menarik lagi, Paylater merupakan satu-satunya aplikasi di Indonesia yang basisnya kartu. 

[cut]



Dengan demikian, konsumen bisa mengontrol berbagai hal agar tidak terjadi pembengkakan saat berbelanja di toko offline. Untuk kartu paylater sudah ada sekitar 4 penyedia layanan aplikasi yang menyediakannya di Indonesia.


Kedua, pay later mengenakan suku bunga 0 persen Suku bunga dengan 0 persen menjadi ciri khas dan kelebihan tersendiri di aplikasi Paylater. Hal ini tidak akan memberatkan pelanggan saat membayar tagihannya. Berbeda dengan kartu kredit yang rata-rata menerapkan suku bunga antara 2 persen hingga 2,5 persen.


Ketiga, pengajuan relatif cepat Pengajuan aplikasi Paylater ini prosesnya lebih cepat dari kartu kredit yang umumnya butuh waktu lama. Untuk pengajuan kartu kredit setiap bank berbeda tetapi kisaranya antara 7-14 hari.


Berbeda dengan Paylater yang proses pengajuannya hanya butuh waktu hanya 15 menit saja. Dengan proses cepat seperti ini dapat membuat konsumen lebih mudah menggunakan kartu untuk berbelanja.


Keempat, banyak promo dan cashback Aplikasi paylater selalu memberikan promo menarik untuk setiap belanja produk tertentu. Promonya tidak bersifat flat dan waktunya pun tidak menentu tergantung vendor produknya.

[cut]



Selain promo juga ada cashback untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Umumnya cashback ini tidak bisa ditarik secara tunai dan hanya bisa digunakan untuk berbelanja di produk selanjutnya.


Dengan promo dan cashback akan membuat pemilik kartu bisa lebih hemat berbelanja. Hal seperti ini mendorong seseorang lebih nyaman menggunakan kartu paylater.


Kelima, syarat pengajuan mudah Dalam mengajukan aplikasi paylater tergolong mudah dan tidak terlalu berbelit-belit seperti halnya kartu kredit. Untuk kartu kredit umumnya mensyaratkan sebagai karyawan dan jelas dimana bekerjanya, harus berpenghasilan tetap, dan persyaratan lain. Belum lagi proses approval yang waktunya cukup lama.


Namun, di paylater tidak demikian, hanya dibutuhkan KTP, NPWP, slip gaji, nomor handphone dan alamat email aktif.


Terakhir, tenor angsuran lama Tenor angsuran adalah lama dibayarkannya tagihan aplikasi paylater yang dimiliki. Di paylater tenor angsurannya cukup lama sekitar 40 hari sejak kartu diaktifkan. Bahkan ada yang menawarkan tenor mencapai 3, 6, dan 12 bulan. Sehingga saat mencapai limit maka pemegang paylater hanya perlu membayar tagihan tersebut sebelum 40 hari. Jika lebih dari waktu tenggang tersebut maka akan dikenakan biaya penalti di bulan tersebut.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini