Alasan Pemerataan, PKS Dan Golkar Kota Bekasi Pilih Rancangan 7 Dapil

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bekasi - DPC Partai Golkar dan DPD Partai PKS Kota Bekasi kompak menyuarakan 7 dapil untuk pelaksanaan pileg tahun 2024 mendatang. 


Ketua DPD Partai PKS Kota Bekasi, Heri Koswara menegaskan, berdasarkan analisa dan pertimbangan yang dilakukan partainya, maka PKS Kota Bekasi menyepakati untuk memilih rancangan 7 dapil seperti yang diusulkan oleh KPU Kota Bekasi.


"DPD Partai PKS Kota Bekasi lebih condong kepada usulan atau rancangan 7 dapilnya," ujar Heri Koswara kepada inijabar.com, Jumat (16/12/2022).


Ia pun menjelaskan alasan partainya memilih rancangan 7 dapil tersebut, selain pemerataan, pihaknya juga menghormati perbedaan pilihan yang dilakukan oleh partai lainnya di Kota Bekasi. 

[cut]



"Kami menginginkan adanya pemerataan, meskipun partai lain di Kota Bekasi memilih rancangan lainnya," katanya. 


Selain itu, sambung Heri, DPD Partai PKS Kota Bekasi juga telah berkirim surat kepada KPU Kota Bekasi terkait usulan rancangan dapilnya yang diharapkan dari surat tersebut bisa diteruskan kepada KPU RI. 


"Kami pun sudah bersurat kepada KPU Kota Bekasi agar bisa diteruskan ke KPU RI terkait hal tersebut. Seandainya rancangan 7 dapil tidak digunakan, PKS Kota Bekasi mengikuti suara terbanyak dan masyarakat Kota Bekasi untuk mengambil jalan tengah mengambil rancangan 6 dapilnya," paparnya. 


Senada dengan PKS, DPD Partai Golkar Kota Bekasi juga memilih rancangan 7 dapil pada Pileg Kota Bekasi 2024.


Hal tersebut diutarakan  anggota DPRD Kota Bekasi yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar, Dariyanto. Partainya saat ini memilih rancangan 7 dapil seperti yang diusulkan oleh KPU Kota Bekasi.

[cut]



Unsur pemerataan dapil menjadi latarbelakang dipilihnya hal tersebut. Bahkan rancangan 7 dapil ini sangat relevan bila diterapkan pada pileg nantinya, selain memperhatikan usulan yang diterapkan oleh partai politik peserta pemilu lainnya di Kota Bekasi. 


"Kami juga memperhatikan usulan dari partai politik lainnya di Kota Bekasi. Dan jika rancangan 7 dapil tidak terlaksana, Golkar Kota Bekasi juga siap pada rancangan 6 dapilnya," ujarnya. 


Dariyanto menekankan, rancangan 7 dapil ini diambil agar setiap daerah memiliki wakilnya yang duduk sebagai anggota DPRD Kota Bekasi.


"Jadi, dengan rancangan 7 dapil ini diharapkan disetiap wilayah memiliki wakilnya yang duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Bekasi, karena prinsipnya pemerataan," tukasnya.


Dengan  demikian ada 3 parpol yang menginginkan 7 dapil pada Pemilu 2024 di Kota Bekasi, PDI Perjuangan, Golkar dan PKS Kota Bekasi.


Namun menariknya, alasan yang sama demi terjadinya pemerataan juga dikemukakan parpol yang mendukung 5 dapil.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini