Efektifkah Banyak Kegiatan Ramadhan Pj Wali Kota Cimahi Ajak Matikan Listrik Selama 60 Menit Malam Ini

Redaktur author photo


Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan


inijabar.com, Cimahi- Pemerintah Kota Cimahi mengajak masyarakat untuk mendukung aksi Earth Hour (EH) yang digelar pada Sabtu, 25 Maret 2023 malam selama 60 menit.


Hal itu dikatakan Pj Walikota Cimahi Dikdik S.Nugrahawan. Dirinya juga  berharap dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim dengan mengurangi pemakaian listrik.


"Kami ajak masyarakat terlibat dalam momentum Earth Hour yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Maret 2023, mulai pukul 20.30 hingga 21.30," ujar, Senin (20/3/2023).


Dikdik menyatakan, sebagai wujud komitmen pemerintah dalam pengurangan emisi gas rumah kaca maka perlu dilaksanakan serangkaian kegiatan yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. Salah satu upaya pengenalan gaya hidup hijau dan ramah lingkungan adalah gerakan hemat energi melalui momentum Earth Hour.


"Aksi  Earth Hour agar disosialisasikan secara luas dan dilaksanakan di lingkungan kerja maupun di rumah masing-masing dengan pemadaman lampu listrik dan peralatan elektronik yang tidak diperlukan. Aksi hemat energi listrik tersebut selanjutnya diharapkan dapat menjadi kebiasaan sehari-hari yang diterapkan berbagai lapisan masyarakat hingga perkantoran di Kota Cimahi," ucapnya.


Dikdik menilai, sesuai amanat UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, bahwa pembangunan ekonomi tingkat nasional wajib diselenggarakan berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.


Secara faktual, kondisi saat ini dan di masa yang akan datang berpotensi terjadi penurunan kualitas lingkungan hidup yang akan mengancam kehidupan manusia dan makhluk hidup lain.  Oleh karena itu, perlu dilaksanakan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang konsisten oleh semua pemangku kepentingan.


"Adapun pengelolaan lingkungan hidup ini wajib dilaksanakan terhadap seluruh jenis limbah yang dihasilkan dari aktivitas manusia, mulai dari limbah cair, limbah padat, hingga limbah yang berupa emisi gas/udara, baik domestik maupun industri di Kota Cimahi," imbuhnya.


Namun, himbauan mematikan listrik selama 60 menit tersebut kurang direspon masyarakat. Mengingat masyarakat terutama ummat muslim di jam tersebut tengah menjalankan ibadah ramadhan seperti sholat Tarweh, tadarus al quran dan lain-lain.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini