Tim Bola Voli Putera/Puteri Jabar Diunggulkan Lolos di Pra PON 2024

Redaktur author photo


Tim PON Jabar 2024


inijabar.com, Jakarta-  Event babak kualifikasi atau Pra PON 2024 cabang olah raga bola voli hari ini Senin 23 Oktober 2023 akan mulai digelar di lapangan GOR Bulungan Jakarta Selatan.


Di laga perdana mempertemukan putri Jabar melawan Jateng, kemudian dilanjutkan putra Jawa Barat menghadapi Yogyakarta. 


Pertandingan babak kualifikasi atau Pra PON 2024 cabang olah raga bola voli ini akan berlangsung di GOR Bulungan, Jakarta, mulai Senin 23 Oktober hingga Minggu 29 Oktober 2023.


Pra PON 2024 ini akan diikuti oleh delapan tim putra dan enam putri. Kedelapan tim putra terdiri dari juara bertahan Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Banten, Bali, NTB, dan tuan rumah DKI Jakarta.


Sementara enam tim putri antara lain diikuti oleh juara bertahan Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Banten, dan tuan rumah DKI Jakarta.


Juara bertahan tim putra Jabar berada di Grup A bersama rivalnya Jatim, Jateng dan Yogyakarta. Sementara di Grup B ditempati tuan rumah DKI Jakarta Bali, Banten dan NTB.


Di kelompok putri, juara bertahan Jawa Barat ada di Pul Y bersama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Grup X berkumpul tuan rumah DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Banten.


Dari 8 tim putra yang bertanding, nantinya akan diambil 6 tim untuk berlaga di PON 2024 di Medan dan Aceh. Jumlah ini lebih banyak dibanding babak kualifikasi yang digelar di wilayah lain.


Ketua Panitia Zulfarshah mengatakan, alasan wilayah Jawa lebih banyak jatah tim yang lolos ke PON 2024, karena tim-tim di Jawa merupakan gudangnya pemain-pemain nasional di Indonesia. 


"Sehingga wajar kalau jatah tim di jawa enam tim," ucapnya.


"Kami perlu apresiasi kepada PP. PBVSI dengan pemberian jatah enam tim yang lolos PON XXI 2024," kata Zulfarshah yang juga menjabat Ketua Harian Pengprov PBVSI DKI Jakarta.


Sama halnya dengan tim putra, tim putri pun mendapat jatah 6 tim yang lolos ke PON XXI 2024. Zulfarshah mengatakan semua tim putri lolos kle PON XXI 2024.


"Karena peserta putri di Babak Kualifikasi ini hanya enam tim, maka keenam tim dipastikan lolos ke PON XXI Aceh-Sumut," ucapnya.


Berikut jadwal lengkap pertandingan babak kualifikasi atau Pra PON 2024 pada Senin 22 Oktober 2023 :


1. Pukul 11.00 WIB: putri Jabar vs Jateng

2. Pukul 13.00 WIB: putra Jabar vs Yogyakarta

3. Pukul 15.00 WIB: putri DKI vs Banten

4. Pukul 17.00 WIB: putri DKI vs NTB

5. Pukul 19.00 WIB: putra Jatim vs Jateng.

Share:
Komentar

Berita Terkini