Sukses Tanam Holtikultura, Melongok Argobisnis Milik Wakil Ketua DPRD Ciamis

Redaktur author photo


Wakil Ketua DPRD Ciamis Pipinya Arif Apilin


inijabar com, Ciamis- Mengelola lahan seluas seratus hektar di Kecamatan Sukamantri  yang ditanam cabai merupakan hobby yang menjadi bisnis andalan bagi seorang Wakil Ketua DPRD Ciamis H. Pipinya Arif Apilin.


Saat ditemui pada Minggu (19/11/2023), politisi asal Partai Gerindra ini menyatakan, dirinya sudah berprofesi sebagai pengusaha pertanian sebelum menjadi wakil rakyat.


"Kebetulan saya sudah jadi petani kan sejak tahun 1997. Sudah 26 tahun dan mengelola di bidang holtikultura seperti cabai, sayur-sayuran. Alhamdulillah di Sukamantri saja sekarang sudah lebih dari 100 hektar," ungkapnya.

Salah satu lahan yang digunakan agrobisnis cabai di Desa Cibeureum Kec.Sukamantri.


Terkait lahan tersebut, Pipin menyebut ada sebagian tanah milik, ada juga tanah desa yang kerjasama. Dirinya mengaku mengelola lahan tersebut dengan mengajak para pemuda milenial  dan pemuda tani.


"Alhamdulillah sampai hari ini mereka aktif dan menjadi usaha agrobisnis mereka,"ujar Pipin.


Usaha tanaman cabai H.Pipin tersebut pernah ekspor ke luar negeri dan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan swasta.


"Sekarang satu dua hektar kita tetep nanem cabai. Jadi di tengah kesibukan saya sebagai anggota dewan dan ketua partai  tetap sesekali turun berkebun,"ucapnya.


Apalagi, kata Pipin, ada program pertanian dari Pemerintah Ciamis jadi bisa meningkatkan pendapatan daerah (PAD) dari sektor pertanian.


Pipin yang sudah menjadi anggota DPRD Ciamis selama 2 periode, kembali menyatakan akan maju untuk ketiga kali nya di Pemilu 2024 sebagai Caleg DPRD Ciamis.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini