Jarang Diketahui Publik, Ada Syarat Tinggi Badan di PPDB SMKN

Redaktur author photo
Ilustrasi

inijabar.com, Kota Bekasi-  Banyak orang tua calon siswa yang mendaftar PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) 2024 khususnya untuk jenjang pendidikan SMK belum mengetahui ada beberapa sekolah menerapkan syarat tinggi badan.

Seperti yang terjadi di SMKN 10 Kota Bekasi ada calon siswa yang mengambil jurusan otomotif gagal lolos karena alasan tingginya di bawah 163 cm untuk laki-laki dan 153 cm untuk perempuan.

"Kok ada syarat tinggi badan sih. Padahal cuma kurang 3 cm saja ga lolos,"ucap salah satu orang tua siswa.

Memang ada sejumlah jurusan yang menerapkan syarat tinggi badan. Namun kebijakan sekolah ini juga bisa menjadi celah 'permainan' bagi oknum-oknum pihak sekolah yang nakal.

Adapun jurusan di SMKN tertentu yang mensyaratkan tinggi badan yakni, usaha layanan pariwisata, perhotelan, teknik alat berat, teknik mekanik industri, teknik permesinan.

Biasanya sekolah yang menerapkan tinggi badan sebagai syarat karena ada nya kerjasama dengan pihak perusahaan yang akan menampung para lulusan di sekolah tersebut. 

Namun jangan putus asa juga bagi calon siswa yang bertinggi badan tidak ideal. Pasalnya ada juga sekolah SMKN yang tidak menerapkan tinggi badan.

Untuk itu, sebelum mendaftar cek dan ricek terlebih dahulu sekolah yang akan dituju.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini