|
Menu Close Menu

Rp 20 Miliar Untuk Bangun Masjid di Palestina, Ridwan Kamil; Itu Donasi Warga Jabar

Minggu, 27 Januari 2019 | 21.18 WIB

INIJABAR.COM, Bandung- Design masjid besar Indonesia pertama di Gaza Palestina. diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dati empat design masjid Ajin di Gaza yang ditawarkan, kata Ridwan Kamil, desain paling akhir yang disetujui. Yaitu desain dengan lima kubah yang mencerminkan rukun Islam.

”Masjid yang akan dibangun di Gaza itu hancur oleh bom. Saat ini mereka salat di tenda darurat,” kata Ridwan dalam sambutannya di Masjid Salman ITB, Minggu (27/1/2019).

Ridwan Kamil mengatakan, Masjid Ajlin yang akan dibangun nanti, memperlukan biaya sekitar Rp 20 miliar. Rinciannya Rp 15 miliar untuk pembangunan, sementara sisanya untuk pengiriman logistik. Sebab, pembangunan di sana berbeda dengan di Indonesia. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjelaskan, dana untuk pembangunan masjid Ajin berasal dari donasi warga.

"Beberapa waktu lalu, dia melalui instagram berusaha mengumpulkan donasi target Rp 1 miliar dalam waktu tujuh hari. Namun, baru empat hari, sudah terkumpul Rp 4,5 miliar. Maka dari itu, saya juga yakin dengan waktu yang tersedia dan fasilitas penunjangnya banyak, target Rp 20 miliar dalam tiga bulan akan tercapai. Terlebih disokong dengan wakaf digital,” terangnya.

Luas bangunan masjid Ajin, sambung Dia, di atas 1.500 meter persegi (dua lantai). Dengan luas tanah 1.200 meter persegi. Ditambahkan Dia, warga masyarakat bisa memberikan donasi mereka dengan berbagai cara. Selain transfer melalui rekening bank BJB, BNI Syariah, BRI atas nama Aman Palestin Indonesia, masyarakat juga bisa Mendonasi lewat aplikasi muslimapp.id. Bahkan bisa dilakukan via Gopay.

”Pembangunan masjid Ajlin ini menjadi salah satu bentuk Ukhwah Islamiyah warga Jawa Barat lintas negara. Apalagi, Masjid Ajlin sudah menghasil 70 ribu hafiz alquran,” tandasnya. Ditempat yang sama, Direktur Aman Palestin Indonesia Miftahuddin Kamil mengatakan, Israel melakukan agresi militer pada 2014. Tercatat 73 masjid di Gaza hancur total dan 196 rusak beragam.

”Masjid ini akan dibangun bulan Agustus 2019. Lokasi masjid lima kilometer dari pusat Kota Gaza dan 50 meter dari pesisir pantai. Masjid tersebut terletak di pesisir barat Gaza,” tutur Miftahuddin Kamil. (*)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->