Bakal Dibatasi, Wifi Gratis di Tiap RW Kebanyakan Buat Game Online

Redaktur author photo

inijabar.com, Kota Cimahi- Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) mengungkapkan, pemanfaatan wifi gratis di tiap RW kebanyakan dipakai untuk game online dan hiburan. ketimbang untuk meningkatkan sumber daya manusia.

"Maka itu kedepan akan dibatasi penggunaannya, jadi nantinya ada situs yang tidak bisa diakses. Selain itu saya juga setuju dengan digunakannya password," kata Kepala Diskominforarpus Kota Cimahi, HarjonoJumat (17/5/2019).

Dia menjelaskan, setelah lebaran nanti pihaknya bakal melakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap setiap pengurus RW agar mereka bijak dalam menggunakan wifi gratis tersebut.

"Jadi dalam pembatasan penggunaan internet itu, RW yang harus bijak menggunakannya kemudian ditularkan ke masyarakatnya agar wifi gratis ini memang bermanfaat," ujarnya. 

Selain itu kata Harjono, pihak provider sudah sepakat untuk membatasi penggunaannya karena wifi gratis ini memang sudah diatur sebagai internet sehat bukan untuk digunakan hal yang negatif.

"Terkait pembatasan itu, nanti akan kita tindaklanjuti lagi setelah lebaran. Jadi nantinya masyarakat tidak bisa mengakses semua situs yang negatif atau hal yang tidak produktif," tegasnya.

Sebenarnya tujuan utama dari program wifi gratis ini, kata Harjono, yakni untuk meningkatkan daya ekonomi masyarakat melalui jual beli online dan meningkatkan budaya literasi khususnya bagi anak-anak muda di Kota Cimahi.

Selain itu, wifi gratis ini juga diadakan tujuannya untuk membantu proses kepengurusan perizinan administarasi kependudukan. Sehingga saat ini penggunaannya akan diperketat agar program tersebut benar-benar bermanfaat.

"Terlebih wifi ini kan internetnya kuota bukan unlimited jadi penggunaannya harus benar-benar dimanfaatkan untuk hal yang positif," pungkasnya.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini