|
Menu Close Menu

Pemkab Gelar Bimtek Siskeudes Online Bagi Camat se Indramayu

Selasa, 19 November 2019 | 17.45 WIB

inijabar.com,Indramayu-Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) Online ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP guna meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Yang bertujuan untuk memudahkan pelaporan keuangan.

"Selain itu juga untuk memberikan tatanan dalam pengelolaan keuangan dengan secara optimal, serta sebagai alat kendali atau tolak ukur bagi 1. pengelolaan keuangan desa 2. Pengelolaan tentang BUMDES 3. Pelaporan aset desa atau semua yang berkaitan degan Pemdes, sehingga tidak keluar dari peraturan perundang-undangan," tutur Kadis DPMD Indramayu, Sugeng Heryanto. Selasa (19/11/2019).

Sementara itu, Ketua Perwakilan Tim dari BPKP, Agus Saragih juga berpesan kepada seluruh peserta Bimtek dan para unsur kecamatan yang mewakili serta pamong desa yang mengelola keuangan desa (operator) untuk dapat mengikuti kegiatan dengan seksama sehingga hasil yang didapat mencapai sesuai tujuan yang diinginkan.

“Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa dalam melaksanakan Pengelolaan Keuangan Desa di wilayah masing-masing, Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan keuangan Desa serta mewujudkan sistem pertanggungjawaban keuangan desa secara lebih baik,"ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa aplikasi Siskeudes ini berbasis online yang bisa digunakan di desa manapun baik itu yang terjangkau akses internet maupun yang belum terjangkau akses internet.

Oleh karena itu, kata dia, setiap desa harus diwajibkan mempunyai jaringan internet demi untuk memudahkan laporan pemerintah desanya.

Sementara itu, Plt.Bupati Indramayu, H.Taufik Hidayat, mengatakan, aplikasi Siskeudes ofline menjadi online ini merupakan bukti transparansi kabupaten Indramayu selangkah lebih maju guna penguatan dan pembinaan serta pengawasan dalam peningkatan kapasitas pemerintahan desa.

"Karena Dana desa merupakan dana desa yang wajib dibuktikan secara nyata dan faktual atau dibuktikan sesuai impian masyarakat desa pada umumnya,"pungkasnya,(Sai)
Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->