|
Menu Close Menu

Kasatlantas Bakal Antisipasi Kemacetan di Lembang Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Senin, 16 Desember 2019 | 20.26 WIB

inijabar.com, Bandung Barat- Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah menyatakan, pihaknya akan menyiapkan sejumlah langkah antisipasi terkait dengan tingginya volume kendaraan yang diprediksi padat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dia menuturkan, meningkatnya volume kendaraan saat libur Nataru tersebut, karena kawasan Lembang menjadi daerah favorit sebagai tujuan wisata.

Ada banyak objek wisata yang menjadi tujuan, khususnya baru saja diresmikan satu pekan lalu yaitu The Great Asia Africa.

AKP Susanti Samaniah menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, pihaknya sudah mempersiapkan rencana rekayasa arus lalu lintas dengan melibatkan personel gabungan.

“Kami siapkan antisipasinya dan akan berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung dan Polres Subang, agar kepadatan di Lembang nanti bisa teratasi,” kata Susanti, Minggu (15/12/2019).kemarin.

Sedangkan untuk rekayasa arus lalu lintas, kata Susanti, akan dilakukan secara situasional dengan menerapkan beberapa kali sistem one way (satu jalur) ketika terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang. 

“Kami juga sudah siapkan beberapa cara bertindak (CB) untuk antisipasi kemacetan di Lembang saat Natal dan Tahun Baru 2020 nanti,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan semua pihak pengelola tempat wisata yang ada di Lembang, untuk menyiapkan kantung parkir agar tidak menambah kemacetan.

“Pasti kami akan meminta ke pengelola untuk menyediakan tempat parkir lain dan untuk di The Great Asia Africa, kendaraan besar sudah dilarang masuk,” terangnya.

Sejumlah personel juga, kata dia, akan disigakan di sekitar tempat wisata seperti The Great Asia Africa, Farmhouse, Floating Market hingga di sekitar Gunung Tangkubanparahu, yang masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang.

Sebelumnya, pihak kepolisian mengimbau kepada masyarakat para pengguna jalan yang melintasi jalur alternatif di Lembang untuk mewaspadai beberapa titik rawan kecelakaan lalu lintas dan kemacetan, khususnya saat masa libur akhir tahun.

Bhabinkamtibmas Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Brigadir Ridwansyah mengatakan, pihaknya mencatat setidaknya ada empat titik di jalur alternatif kawasan Punclut yang rawan kecelakaan dan kemacetan.

“Untuk itu kami meminta pengguna jalan selalu waspada karena jelang musim liburan, volume kendaraan yang akan ke objek wisata pasti mengalami peningkatan saat masuk liburan,” imbuh Brigadir Ridwansyah.(*)
Bagikan:

Komentar